Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran SQ4R dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTsN 4 Pasaman

Hafiz Maulana, 2121269 (2025) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran SQ4R dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTsN 4 Pasaman. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Hafiz Maulana 2121269 cover.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Hafiz Maulana 2121269 abstrak.pdf

Download (612kB)
[img] Text
Hafiz Maulana 2121269 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena, masih rendahnya kemauan membaca pada peserta didik, terlihat ketika guru meminta siswa untuk membaca hanya sebagian yang membaca, kemudian masih rendahnya pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran, terlihat ketika siswa diminta untuk menyampaikan apa yang dipahami hanya sebagian yang memahami , di samping itu guru juga masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan belum maksimal dalam memvariasikan yaitu cendrung menggunakan ceramah dalam pembelajaran. Hal tersebut berdampak kepada peserta didik dimana mereka mudah bosan dan tidak fokus dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan penulis menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. Teknik pengambilan data dilakukan dengan teknik tes. Teknik tes dalam penelitian ini dilakukan dengan cara memberi pretest dan posttest. Hal ini digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan Literasi membaca siswa melalui hasil belajar, kemudian di lihat pengaruhnya antara penggunaan model SQ4R dengan model konvensional setelah diberikan posttest. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa kemampuan literasi membaca peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak menggunakan model pembelajaran SQ4R lebih tinggi dari pada Model Konvensional . Hal ini sesuai dengan perhitungan program data IBM SPSS Statistics v.26 for windows yang menggunakan uji-t untuk sampel yang berasal dari distribusi yang berbeda Independent samples T- Test . dasar pengambilan keputusan jika nilai sig(2-tailed) > 0,05, maka Ho diterima dan Ha ditolak, jika nilai sig (2-tailed) < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil perhitungan data menunjukkan bahwa nilai sig(2-tailed) 0,000 < 0,05 atau t-hitung = 4,564 > t-tabel =1,667 . Ini berarti nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel baik pada taraf 5%. Maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) di terima, kemampuan literasi membaca antara laki laki dan perempuan pada kelas eksperimen yaitu laki laki 86,82 perempuan yaitu 87,33, sedangkan pada kelas kontrol laki-laki memiliki rata-rata 78,57 perempuan 81,27. Secara keseluruhan terjadi peningkatan rata-rata antara kelas eksperimen dan kontrol sebesar 8,40%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran SQ4R dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTsN 4 Pasaman.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran SQ4R, Kemampuan Literasi Membaca
Subjects: L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC149 Literasi, Buta huruf
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB 1027.8 Teaching (Pengajaran)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 22 Dec 2025 08:49
Last Modified: 22 Dec 2025 08:49
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1328

Actions (login required)

View Item View Item