Zatiti, 2515033 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Kelas X RPL terhadap Hasil Belajar di SMK N 4 Payakumbuh. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
214f4-12.zatiti_2515033 cover.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
214f4-12.zatiti_2515033 abstrak.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
214f4-12.zatiti_2515033 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temui melalui observasi di SMK N 4 Payakumbuh dan juga wawancara bersama pendidik yang mengajar mata pelajaran Dasar Desain grafis Ibu Rini Yustikasari, S.Kom, dimana hasil belajar peserta didik kurang memuaskan, hal ini dikarenakan beberapa faktor diantaranya, terlihat model pembelajaran yang selama ini yang diterapkan masih memusatkan perhatian pada pendidik. Pendidik yang lebih berperan aktif sehingga terlihat dalam pembelajaran masih banyak aktivitas peserta didik yang tidak relevan dalam proses pembelajaran, sehingga pelajaran yang disampaikan pendidik tidak dapat diterima peserta didik dengan baik. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Pengaruh model pembelajarann Project Based Learning mata pelajaran Dasar Desain Grafis kelas X RPL terhadap hasil belajar di SMK N 4 Payakumbuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pada model pembelajarann Project Based Learning pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis kelas X RPL terhadap hasil belajar di SMK N 4 Payakumbuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang berbentuk Pre-Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X TKJ 1,kelas X RPL1 dan kelas X RPL 2, Sampel yang digunakan teknik Simple Random Sampling adalah teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak (random) tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Dalam penelitian ini dibutuhkan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari 3 kelas diperoleh perwakilan 2 kelas sebagai sampel untuk mewakili populasi. Dimana didapat kelas X RPL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X RPL 2 sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dari hasil penelitian, peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil tes dari kedua kelas tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel berdistribusi normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji t. menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji t, diperoleh thitung = 14,37 sedangkan nilai ttabel = 1,67 oleh karena itu thitung > ttabel dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada kelas eksperimen lebih memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dibanding dengan peserta didik tanpa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Project Based Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 07:25 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 07:25 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/138 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |