Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK di SMP N 1 Palupuh

Riri Febriati, 2515136 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK di SMP N 1 Palupuh. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
4eb33-7.-riri febriati abstrak.pdf

Download (313kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah pembelajaran yang masih terfokus kepada guru dan guru belum sepenuhnya menerapkan model pembelajaran. Maka, salah satu upaya yang dapat dilakukan guru agar siswa mampu berpartisipasi dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK di SMP N 1 Palupuh. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperiment atau eksperimen semu dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP N 1 Palupuh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian hasil belajar TIK siswa diperoleh dari tes akhir. Teknik analisis dara yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan analisis data hasil penelitian diketahui bahwa tes akhir hasil belajar TIK dihitung dengan menggunakan uji-t dengan hasil (2,57 > 1,671 yang artinya H0 ditolak pada taraf ? = 0,05, serta menggunakan software minitab diperoleh Pvalue = 0,006 yang artinya Pvalue < ? dengan ? = 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tolak H0 dan terima H1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, “hasil belajar TIK siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe talking stick lebih baik dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional”.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Learning, Talking Stick, Hasil Belajar, Mata Pelajaran TIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 15 Jul 2025 15:02
Last Modified: 15 Jul 2025 15:02
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/155

Actions (login required)

View Item View Item