Penggunaan Media Pembelajaran Alqur’an Hadits Di SMPN 1 Palembayan Kecamatan Palembayan

Wella Aprilia, 2114176 (2018) Penggunaan Media Pembelajaran Alqur’an Hadits Di SMPN 1 Palembayan Kecamatan Palembayan. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover wella.pdf

Download (77kB)
[img] Text
abstrak wella.pdf

Download (146kB)
[img] Text
127b1-skripsi.pdf

Download (794kB)

Abstract

Skripsi yang disusun oleh Wella Aprilia, Nim. 2114.176, skripsi ini berjudul: “PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ALQUR’AN HADITS DI SMPN 1 PALEMBAYAN KECAMATAN PALEMBAYAN”. Maksud dari judul ini adalah untuk mengetahaui keterampilan serta persiapan yang dilakukan oleh seorang guru dalam menggunakan media pembelajaran di bidang studi Alqur’an Hadits serta untuk mengetahui faktor pendukung serta faktor kendala yang menyebabkan guru tersbeut kurang terampil dalam penggunaan media pembelajaran. Latar belakang penulis memilih judul ini bahwa penggunaan media pembelajaran untuk mata pelajaran Alqur’an Hadits di SMPN 1 Palembayan adalah kurangnya keterampilan dan persiapan yang dilakukan oleh guru bidang studi Alqur’an Hadits, karena dapat dilihat dari banyaknya peserta didik yang sering merasa bosan dan jenuh dalam proses belajar Alqur’an Hadits. Ini adalah asalah satu bentuk permasalahan dalam penggunaan media pembelajaran Alqur’an Hadits di SMPN 1 Palembayan, kemudian kurangnya keterampilan guru dalam menyiapkan dan menggunakan media pembelajaran Alqur’an Hadits, dimana guru sering menggunakan media yang sama dalam setiap mata pelajaran. Penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif analisis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini menggambarkan bentuk penggunaan media pembelajaran Alqur’an Hadits di SMPN 1 Palembayan Kecamatan Palembayan. Untuk mengumpulkan data, penulis melakukan observasi yaitu melakukan pengamatan langsung tentang pengetahuan dan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran dan kendala yang menyebabkan guru tersebut kurang terampil dalam menggunakan media pembelajaran dan kemudian penulis melakukan wawancara yang ditujukan kepada kepala sekolah, guru bidang studi Alqur’an Hadits dan peserta didik di SMPN 1 Palembayan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari beberapa inidikator penggunaan media pembelajaran Alqur’an Hadits yang penulis teliti terlihat bahwa penggunaan media pembelajaran untuk bidang studi Alqur’an Hadits ini belum berjalan maksimal, hal ini terlihat dari ketika proses pembelajaran Alqur’an Hadits, guru yang mengajar nampaknya kurang memahami bagaimana seharusnya persiapan pembelajaran menggunakan media dengan materi yang diajarkan, hal ini terlihat dari guru tersebut ketika mengajar, guru tersebut kurang maksimal dalam menggunakan media dan kurang menguasai penggunaan media pembelajaran dalam materi Alqur’an Hadits, dan juga guru sering monoton atau sering menggunakan media pembelajaran yang sama dalam setiap mata pelajaran, selain itu masih banyaknya faktor penghambat atau kendala yang menyebabkan guru tersebut kurang terampil dalam penggunaan media pembelajaran.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Media Pembelajaran dan Alqur’an Hadits
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 16 Jul 2025 08:51
Last Modified: 16 Jul 2025 08:51
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/172

Actions (login required)

View Item View Item