“Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Kelas VIII MTs TI Tarusan Kamang

Nono Awida, 2114075 (2018) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Kelas VIII MTs TI Tarusan Kamang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover nono.pdf

Download (11kB)
[img] Text
abstrak nono.pdf

Download (34kB)
[img] Text
769f3-skripsi-nono.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa proses pembelajaran masih bersifat satu arah, disamping itu interaksi antara guru dan siswa, ataupun siswa dengan siswa masih sangat sedikit. Hal ini mengakibatkan siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Situasi dan kondisi yangdemikian itu memberi peluang bagi siswa untuk meninggalkan jam pelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan suatu model pembelajaran yang bisa mengaktifkan dan meningkatkan kerjasama antar siswa terutama dalam meningkatkan pemahaman terhadap al-Quran dan Hadis, sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran tipe kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadis kelas VIII MTs TI Tarusan Kamang. Hipotesis yang dirumuskan adalah “model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar al-Quran Hadis siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII MTs TI Tarusan Kamang. Teknik pengambilan sampel digunakan ialah sampling jenuh dimana semua populasi digunakan sebagai sampel apabila populasi kurang dari 30 orang, yang mana populasinya adalah 23 orang yang sekaligus menjadi sampel penelitian. Data penelitian hasil belajar diperoleh melalui tes. Jenis penelitian ini adal pre-eksperimen design dengan rancangan penelitian one shoot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs TI Tarusan Kamang tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 23 orang, yang mana populasi dalam penelitian ini akan secara langsung menjadi sampel penelitian dikarenakan hanya terdiri dari satu lokal saja. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes berupa pilihan ganda. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes hasil belajar. Dalam penlitian ini untuk pengujian data menggunakan uji t satu pihak (pihak kanan). Berdasarkan analisis dan pembahasan terhadap data yang diperoleh, rata hasil belajar adalah 88,26 dibandingkan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75, dan dengan ketuntasan belajar 86,95%. yang jelas menyatakan bahwa hasil belajar tersebut telah mencapai KKM. Hasil belajar siswa diolah dengan menggunakan uji-t dimana thitung >t dengan taraf nyata =5%dan diperoleh thitung = 2,0669 dan = 1,717. Sehingga hipotesis Ha diterima dan hipotesis H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tedapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Numbered Head Together dan Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 18 Jul 2025 03:37
Last Modified: 18 Jul 2025 03:37
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/193

Actions (login required)

View Item View Item