Vonny Dwi Ligina, 2614229 (2019) Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Layanan Dasar di SMAN 3 Payakumbuh. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
5f617-51.vonny-dwi-ligina cover.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
5f617-51.vonny-dwi-ligina abstrak.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
5f617-51.vonny-dwi-ligina full.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan, bahwa ada beberapa siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah sehingga kurang mampu untuk mengembangkan kepercayaan diri dengan baik, yang dibuktikan dengan adanya beberapa siswa yang hanya diam dalam kelas, gagap saat berbicara di depan kelas dan tidak mau untuk maju di depan kelas. Alasan mereka tidak mau untuk maju ke depan kelas dikarenakan takut ditertawakan saat tampil di depan kelas, tidak terbiasa untuk tampil ke depan kelas, kurangbersosialisasidenganlingkungan, dan tidak dapat berkomunikasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui layanan dasar dengan format kelompok di SMAN 3 Payakumbuh. Penelitian ini tergolong penelitian eksperimen dimana satu variabel yang diteliti memperlihatkan hubungan sebab akibat dari variabel bebas dan terikat. Model penelitian yang digunakan the one group pretest-posttest design yang memberikan perlakuan terhadap satu kelompok (tidak ada kelompok kontrol) dengan melihat perbedaan pretest dan posttest sebagai hasil penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS yang berjumlah 123 orang, dan sampel penelitian sebanyak 10 orang siswa kelas X IPS 3. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen skala likert mengenai kepercayaan diri siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan untuk uji hipotesis menggunakan uji t-test. Hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat perbedaan antara nilai pretest dengan nilai posttest, hal ini dibuktikan dengan Asymp. Sig (2-tailed) diperoleh nilai sebesar (0,000) yang berarti lebih kecil dari alpha (0,05), pernyataan ini juga berdasarkan nilai thitung 8,720 > dari ttabel yaitu 1,833 dengan df 9 taraf signifikansi 0,05, maka dapat dikatakan Ha diterima artinya terdapat peningkatan kepercayaan diri siswa untuk pretest dan posttest melalui layanan dasar dengan format kelompok. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kepercayaan diri siswa melalui layanan dasar dengan format kelompok. Oleh karena itu layanan dasar dengan format kelompok dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMAN 3 Payakumbuh.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Kepercayaan Diri Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:46 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:46 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/235 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |