Fitri Ramadhani, 2613131 (2018) Pengaruh Kemampuan Aktualisasi Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK N 1 Padang Panjang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
252a3-skripsi-FITRI RAMADHANI cover.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
252a3-skripsi-FITRI RAMADHANI abstrak.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
252a3-skripsi-FITRI RAMADHANI full.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di SMKN 1 Padang Panjang Siswa Kelas X, terlihat siswa yang belum mampu mengaktualisasikan diri dalam: mengamati realitas secara efesien, kebutuhan akan privasi dan independensi, penerimaan umum atas kodrat,orang-orang lain dan diri sendiri dalam belajar. Berikut fenomena yang ditampilkan siswa diantara: ketidak mampuan siswa mengeluarkan pendapat karena ketidak percayaan terhadap kemampuan, adanya siswa yang kurang memperhatikan guru dalam menerangkan pelajaran, adanya siswa yang mudah terpengaruh oleh jawaban teman saat ujian dan adanya siswa yang mendapatkan nilai ujian dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh kemampuan aktualisasi terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMKN 1 Padang Panjang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif tergolong pada penelitian korelasional dengan metode Regresi Linear sederhana yaitu untuk mengetahui pengaruh satu variabel bebas terhadap satu variabel tidak bebas. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMKN 1 Padang Panjang yang diambil dengan menggunakan teknik Proportionate Random Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument jenis angket dengan skala Likert. Pengkorelasian variabel penelitian menggunakan r Product Moment, menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) Versi 24.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan aktualisasi diri terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMKN 1 Padang Panjang. Ini dibuktikan dengan diterimanya hipotesis alternatif dan ditolaknya hipotesis nihil yang terlihat dari hasil perhitungan r hitung besar dari r tabel dengan taraf signifikan 0,05. Dimana nilai r hitung adalah sebesar 0,287 dan r tabel yaitu 0,254. Sedangkan besar pengaruh kemampuan aktualisasi diri dengan prestasi belajar siswa kelas X SMKN 1 Padang Panjang terlihat dari nilai koefisien determinasi antara variabel aktualisasi diri (X) dan prestasi belajar (Y) sebesar 8.23%. Dilihat dari tabel rxy yang diperoleh adalah 0,287 terletak antara 0,20-0,399 maka diperoleh interpretasi bahwa kemampuan aktualisasi diri memiliki korelasi yang lemah atau rendah dengan prestasi belajar siswa kelas X SMKN 1 Padang Panjang. Angka ini menunjukkan bahwa 8.23% prestasi belajar dipengaruhi oleh kemampuan aktualisasi diri selebihnya ditentukan oleh hal lain.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Aktualisasi Diri, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:52 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:52 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/236 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |