Azwarman, 20115031 (2018) Strategi Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Pembinaan Akhlak Siswa di MTsN 1 Bukittinggi. Magister thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
cover azwarman.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
abstrak azwarman.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
fulltext azwarman.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi kepala sekolah dan guru dalam pembinaan akhlak siswa di MTsN 1 Bukittinggi. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, . Hasil penelitian menunjukkan : 1) Bentuk – bentuk pembinaan akhlak siswa di MTsN 1 Bukittinggi ,adalah a) pembinaan akhlak melaui sholat berjamaah , b) pembinaan akhlak melalui kegiatan Tahfiz. c) pembinan akhlak melalui sholat dhuha, d) 3S senyum, Sapa dan Salam e) Pingerprint . f) Polmad , g) forum annisak dan Arrijal h) LDK Latihan Dasar Kepemimpinan 2) Strategi kepala sekolah dalam dalam pembinaan akhlak siswa, a). Membuat kebijakan Pembiasaan Sholat Berjamaah, Pembiasaan keteladanan Senyum, Sapa dan Salam (3S), Pembinaan akhlak melalui POLMAD, Forum Annisa? , Forum Arrijal ,Workshop, Pelatihan Kepemimpinan Dasar Siswa b). Meberikan peluang kepada Wakil wakil untuk berinofasi dalam membuat kegiatankegiatan yang sifatnya pembinaan kepada siswa..c) Kepala sekolah menjalin kerja sama dengan pihak pihak lain untuk membentuk dan membina akhlak siswa , seperti bekerja sama dengan tim Satpol PP kota Bukittinggi, tim kesehatan kota bukittinggi. d). Mengeluarkan peraturan tata tertib madrasah yang dijalankan bukan hanya oleh siswa akan tetapi oleh seluruh komponen madrasah..e).Memberikan reward dan punisman terhadap siswa yang berprestasi dan punisman bagi siswa yang tidak mampu menjalankan tata tertib sekolah 3) Strategi guru dalam pembinaan akhlak siswa di MTsN 1 Bukittinggi a) Keteladanan guru dalam berakhlak, b) Memberikan anjuran yang vi baik, memberikan latihan terhadap siswa untuk berakhlak dan membiasakan akhlak yang baik , c) Memberikan motivasi dalam bentuk kompetensi yang positif antar kelas oleh wali kelas.Melalukan pembiasaan di dalam kelas dan luar kelas. Mendukung visi dan misi sekolah. Pembinaan secara tidak langsung meliputi larangan , pengawasan,dan hukuman. 4) Hambatan yang dihadapi kepala sekolah dan guru dalam pembinaan akhlak siswa adalah: a) Banyaknya jumlah siswa di MTsN b) Dukungan orang tua yang belum maksimal terhadap pembinaan akhlak siswa. c) Fasilitas sekolah yang belum memadai, d) rendahnya partisipasi warga lingkungan sekolah.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Keywords: | Strategi ,Kepala Sekolah . Guru pembinaan akhlak. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam S2 |
Depositing User: | Mrs Kurnia |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:23 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:23 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/241 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |