Vivied Nopidtrianis, 2614068 (2019) Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Hasil Belajar Siswa di SMKN 2 Payakumbuh. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
e9c6f-26.vivied-nopidtrianis cover.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
e9c6f-26.vivied-nopidtrianis abstrak.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
e9c6f-26.vivied-nopidtrianis full.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini berawal dari interaksi sosial siswa yang kurang baik terhadap guru maupun sesama siswa. Dari interaksi sosial yang kurang baik mengakibatkan proses pembelajaran tidak berjalan kondusif dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Masalah pokok Penelitian ini mengetahui seberapa besar pengaruh interaksi sosial terhadap hasil belajar siswa. Adapun permasalahan yang timbul akibat terdapat siswa yang terisolir didalam kelas, berbicara kurang sopan, rasa kedisiplinan yang kurang baik, sering lalai mengerjakan tugas, latar belakang orangtua dan masalah ekonomi orangtua. Keadaan tersebut akan berakibat buruk dari hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh interaksi sosial terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif korelasional.. Hipotesis (Ho) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi sosial dengan hasil belajar dan (Ha) terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi sosial dengan hasil belajar. Dengan Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Bangunan di SMKN 2 Kota Payakumbuh yang terdiri dari 5 kelas. Dengan sampel penelitian 2 kelas yaitu kelas XI TDPIB 2 dan XI TKJIJ. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan skor rata-rata interaksi sosial sebasar 124 yang tergolong cukup baik. Dan skor rata-rata hasil belajar sebesar 75 yang tergolong pada kategoi cukup baik, berdasarkan hasil pengkorelasian dalam kedua variabel maka diketahui rhitung sebesar 0.396, sementara rtabel dengan degree of freedom (df) 59 yaitu 0.2521 pada taraf signifikansi 0.05. maka disimpulkan bahwa rhitung > rtabel, sehingga hipotesis alternatitif (terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi sosial dengan hasil belajar. Penelitian diterima dengan tingkay hubungan kedua variabel pada kategori rendah.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 12:43 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 12:43 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/268 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |