Profesionalisme GuruDalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Palupuh

Afriadil Hamsyah, 2113035 (2018) Profesionalisme GuruDalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Palupuh. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover skripsi-afriadil-pdf.pdf

Download (64kB)
[img] Text
abstrak skripsi-afriadil-pdf.pdf

Download (109kB)
[img] Text
55194-skripsi-afriadil-pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penulis melakukan penelitian ini karena melihat fenomena yang terjadi berdasarkan keterangan dari siswa kelas XI proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang menarik, materi pembelajaran kurang dikembangkan, pengunaan metode pembelajaran kurang bervariasi sehingga pola pembelajaran cenderung berpusat pada guru, guru Pendidikan Agama Islam tamatan dari Fakultas Syari’ah STAIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi dan telah memiliki sertifikat sebagai tenaga pendidik profesional. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui profesionalisme guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Palupuah. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu (field research), mengumpulkan data secara langsung dari lokasi penelitian dan bersifat deskriptif kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif dipilih karena penelitian ini menggambarkan keadaan yang terjadi dilapangan, yang tidak bisa dijabarkan dengan angka-angka. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah observasi untuk melihat sikap profesional guru pendidikan agama Islam. Wawancara penulis lakukan dengan guru pendidikan agama Islam, kepala sekolah, waka kurikulum, salah seorang guru serta siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam dalam melakukan tugasnya di SMA Negeri 1 Palupuah telah berperan sebagai seorang guru yang memiliki profesionalisme yang tinggi. Dalam menjalankan tugasnya sebagai guru Pendidikan Agama Islam, telah memperlihatkan etos kerja yang unggul yang ditunjuk dalam lima bentuk kerja sebagai berikut: 1). Adanya keinginan guru untuk selalu menampilkan prilaku yang mendekati standar ideal, dan telah memperlihatkan atau telah mengidentifikasikan dirinya memenuhi standar ideal baik dalam berprilaku maupun dalam memberikan pelajaran guru terlebih dahulu menyusun perangakat pembelajaran. 2). Guru telah berusaha meningkatkan dan memelihara citra profesi sebagai guru Pendidikan Agama Islam. 3). Guru telah memamfaatkan setiap kesempatannya untuk pengembangan profesionalnya. 4). Guru selalu mengejar kualitas dan cita-cita dalam profesi sebagai guru Pendidikan Agama Islam. 5). Guru telah memiliki kebanggaan terhadap profesinya, Guru berdedikasi tinggi terhadap tugas-tugasnya, dan meyakini akan potensi dirinya bagi perkembangan dimasa depan, guru Pendidikan Agama Islam menghargai profesinya sebagai guru serta memiliki dedikasi yang tinggi dalam bertugas.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:02
Last Modified: 24 Jul 2025 03:02
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/275

Actions (login required)

View Item View Item