Asrina, 2614059 (2019) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa di SMK N 1 Ampek Angkek. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
3e7a6-16.asrina-cover.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
3e7a6-16.asrina-abstrak.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
3e7a6-16.asrina-full.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitianini beranjak dari fenomena terdapatnya siswa yang memiliki perencanaan karir kurang baik, perencanaan karir merupakan suatu proses pemilihan atau pengambilan langkah-lagkah untuk mencapai tujuan karir yang diinginkan. Kelas yang akan menjadi sampel penelitian merupakan rekomendasi dari guru BK yaitu kelas X.AKL.2, alasannya guru BK sudah melakukan layanan bimbingan dan konseling berupa layanan bimbingan kelompok mengenai perencanaan karir di kelas X.AKL.2 akan tetapi mereka masih kebingungan saat diwawancarai mengenai perencanaan karir kedepannya. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan perencanaan karir siswa di SMK N 1 Ampek Angkek. Penelitian ini tergolong penelitian pre eksperimen model One Group Pretes Posttest Design. Populasi yang diambilyaitusiswa kelas X.AKL.2 SMK N 1 Ampek Angkek yang berjumlah21 orang, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa-siswa yang terindikasimemiliki perencanaan karir kurang baik yaitu berjumlah 10 orang yang diambil berdasarkan teknik non random sampling. Alatpengumpulan data yang digunakanyaituinstrumentangket.Teknikanalisis data menggunakanStatistic Product For Social Science (SPSS) versi 22.0 for Windows. Berdasarkanhasilpenelitiandiperolehhasilperencanaan karir siswa sebelumperlakuan (pretest) diperolehmean 148,6, ini tergolong pada kriteria sedang. Sedangkansetelahperlakuan (posttest) meanmenjadi 190,8initergolongpadakriteriatinggi. Pengujian hipotesis pretest dan posttest data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed rank test untuk menguji hipotesis pretest dan posttest eksperimen. Pretest dan posttest terdapat negative rank (rank yang nilainya turun) sebanyak 0 orang atau tidak ada yang turun dengan mean ranksnya atau rata-rata peringkat yaitu 0,00 dan sum of rank atau jumlah peringkat adalah 0,00. Positive rank atau rank yang nilainya naik sebanyak 10 orang dengan mean ranks atau rata-rata peringkat yaitu 5,50 dan sum of ranks atau jumlah peringkat adalah 55,00. Ties atau rank yang nilainya sama sebanyak 0 orang atau tidak ada yang sama. Total sampel pretest dan posttest adalah 10 orang. Ujihipotesispretestdanposttest, apabiladikonversikankenilai Z makabesarnya -2,803. nilai sig ataup- value sebesar 0,005< 0,05. Apabilanilaip value
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Layanan Bimbingan Kelompok, Perencanaan Karir Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 08:48 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 08:48 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/292 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |