Fauziah Syamdeti, 2614003 (2019) Efektifitas Konseling Individual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 2 Bonjol. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
6f6e8-11.skripsi-fauziah-syamdeti-2614.003 cover.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
6f6e8-11.skripsi-fauziah-syamdeti-2614.003 abstrak.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
6f6e8-11.skripsi-fauziah-syamdeti-2614.003 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari lemahnya motivasi siswa di SMP Negeri 2 Bonjol, terlihat dari kehadirannya dalam jam pelajaran, keaktifan dan perhatiannya ketika pembelajaran berlangsung, serta kontak sosial dengan teman sekelasnya. Terlihat siswa ketika guru menerangkan pelajaran siswa tersebut mengantuk disebabkan karena malamnya siswa bermain atau bergadang, akhirnya siswa merasa malas untuk mengikuti pelajaran. Dan ada juga siswa yang keluar masuk kelas tanpa izin saat jam pelajaran berlangsung. Dari masalah tersebut dapat diketahui bahwa siswa mengalami permasalahan dengan perilakunya mengenai masalah belajar, siswa mengalami kurangnya motivasi belajar rendah sehingga prestasi belajarnya rendah. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen model One Group Pre-test Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdaftar di SMP Negeri 2 Bonjol. Sampel penelitian ini adalah 10% dari total populasi yaitu 15 orang siswa diambil menggunakan teknik Purposive Sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu instrument angket. Teknis analisis data menggunakan Statistic Product for Social Science (SPSS) versi 22.0. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil perhitungan motivasi peserta didik diketahui bahwa mean siswa sebelum diberi perlakuan (Pre-test) adalah 166 dan setelah diberi perlakuan (Post-test) adalah 181. Selanjutnya dengan menggunakan Uji-t dapat diketahui perbandingan t-hitung dengan t-tabel (2.749>2.042). Hal ini membuktikan bahwa hipotesis alternatif penelitian diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat peningkatan motivasi belajar siswa setelah diberikan perlakuan berupa konseling individual. Berdasarkan hasil tersebut, maka peneliti memberikan saran bagi peneliti selanjutnya, agar dapat meneliti dampak penurunan motivasi belajar yang sedang dialami siswa sehingga berpengaruh kepada hasil belajar siswa. Selain itu, guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat mengindentifikasi masalah siswa secara lebih mendalam agar siswa bisa dibimbing ke arah yang lebih baik.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 04:28 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 04:28 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/296 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |