Addini Haniva, 2615163 (2019) Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Cinematherapy untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
3b3c7-10.addini-haniva-2615.163-cover.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
3b3c7-10.addini-haniva-2615.163-abstrak.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
3b3c7-10.addini-haniva-2615.163-full.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini beranjak dari fenomena terdapatnya peserta didik yang memiliki kepercayaan diri yang rendah dimana pada saat PBM peserta didik belum mampu untuk tampil ke depan kelas dengan percaya diri, belum memiliki kepercayaan diri yang utuh, masih malu-malu untuk tampil ke depan kelas ketika menjawab pertanyaan, ketika diminta tampil kedepan kelas yang berani tampil hanya itu-itu saja, untuk Meningkatkan kepercayaan diri tersebut guru BK berupaya mengatasinya melalui beberapa jenis layanan salah satunya dengan layanan penguasaan konten namun hasilnya belum optimal. Peneliti mencoba melakukan layanan penguasaan konten dengan beberapa teknik salah satunya yaitu cinematherapy. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan penguasaan konten dengan teknik cinematherapy untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X SMA Negeri 5 bukittinggi, Penelitian ini tergolong penelitian pre eksperimen model One Group Pretest Posttest Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas X MIPA 5 yang berjumlah 34 orang, sedangkan sampel penelitian adalah siswa-siswa yang terindikasi memliki kepercayaan diri yang rendah yang diambil berdasarkan teknik non random sampling dan hasil pretest. Alat pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis data menggunakan, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Dari pengolahan data yang telah dilakukan terdapat perbedaan antara nilai pretest dengan nilai posttest. Dari hasil test statistic diketahui bahwa nilai zhitung sebesar 2,803 sementara ztabel sebesar 1,598 pada taraf signifikan 0,05. Maka dapat diketahui zhitung > ztabel yaitu 2,803 > 1,598 sehingga ada perbedaan rata-rata nilai tes antara sebelum diberikan perlakuan kepada siswa yang memiliki kepercayaan diri yang rendah dan setelah dierikan perlakuan kepada siswa yang memiliki kepercayaan diri yang rendah sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Sedangkan berdasar dari hasil asymp sig (2-tailed) diperoleh nilai sebesar (0,005) yang berarti lebih kecil dari alpha (0,05). Maka dapat disimpulkan Ha diterima artinya terdapat peningkatan kepercayaan diri untuk pretest dan posttest, sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dengan teknik cinematherapy efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 04:46 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 04:46 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/297 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |