Taufik Qulhadi, 2614231 (2019) Pengaruh Konsep Diri terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII MTsN 04 Limo Puluh Kota. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
2a9db-21.-taufik-qulhodi cover.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
2a9db-21.-taufik-qulhodi abstrak.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
2a9db-21.-taufik-qulhodi full.pdf Restricted to Repository staff only Download (926kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena adanya beberapa siswa yang tidak mampu bersosialisasi dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya beberapa siswa yang memiliki musuh secara terbuka di dalam kelas, adanya beberapa siswa yang malu untuk tampil ke depan kelas, adanya beberapa siswa yang selalu ingin menguasai di dalam kelas, adanya sebagian siswa yang gugup berbicara dengan guru yang mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konsep diri terhadap penyesuaian diri siswa di MTsN 04 Lima Puluah Kota Kecamatan Lareh Sago Halaban. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat regresi yaitu tipe penelitian yang bertujuan melihat dan mendeskripsikan pengaruh antara dua variabel penelitian. Populasi berjumlah 150 orang, sampel berjumlah 35 orang untuk penelitian. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode simple proportionate ramdom sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket memakai skala Likert, Pengkolerasian variabel penelitian menggunakan rumus r product moment, koefisien determinan, persamaan regresi, dan regresi sederhana dengan teknik analisis data menggunakan SPSS Versi 22. Berdasarkan hasil penelitian ini hasil korelasi di lapangan dapat diketahui Fhitung 7.851 > Ftabel 3,267 dengan degree of freedom (Df) 33 pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka diperoleh gambaran bahwa terdapat pengaruh konsep diri terhadap penyesuaian diri siswa di MTsN 04 Lima Puluah Kota Kecamatan Lareh Sago Halaban dalam korelasi “sedang atau cukup”, yang terletak antara antara (0.40 – 0.599) setelah melakukan perhitungan maka diperoleh nilai koefisien determinasi 19,1%. Berdasarkan nilai tersebut dapat diartikan variansi variabel konsep diri dipengaruhi sebesar 19,1% oleh penyesuaian diri, sementara 80,9 ditentukan oleh faktor lain. Sedangkan persamaan regresinya yaitu, y = 43,622+ 0,298X dan hasil uji F yaitu 0,096 dengan sig 0,096 > 0,05 artinya terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap penyesuaian diri siswa di MTsN 04 Lima Puluah Kota Kecamatan Lareh Sago Halaban. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh konsep diri terhadap penyesuaian diri siswa di MTsN 04 Lima Puluah Kota Kecamatan Lareh Sago Halaban.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 04:59 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 04:59 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/305 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |