Efektivitas Layanan Informasi Bidang Bimbingan Sosial dalam Peningkatan Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Candung

Yola Maisa Putri, 2615002 (2019) Efektivitas Layanan Informasi Bidang Bimbingan Sosial dalam Peningkatan Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Candung. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
46385-6.yola-maisa-putri cover.pdf

Download (98kB)
[img] Text
46385-6.yola-maisa-putri abstrak.pdf

Download (166kB)
[img] Text
46385-6.yola-maisa-putri full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi merupakan suatu proses pertukaran informasi diantara individu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda atau tingkah laku, baik buruknya hubungan sosial seseorang dengan orang lain ditentukan oleh bagaimana cara seseorang tersebut berkomunikasi dengan orang lain. Hasil pengamatan awal di SMA Negeri 1 Candung menunjukkan fenomena seperti siswa yang tidak mampu menyampaikan ide dan pendapat mereka dengan baik, siswa sering memotong pembicaraan temannya sebelum pembicaraan itu selesai, siswa kurang memiliki empati dan tidak mendengarkan temannya berbicara atau berpendapat. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan layanan informasi bidang bimbingan sosial dalam peningkatan kemampuan komunikasi siswa di SMA Negeri 1 Candung. Penelitian ini tergolong penelitian eksperimen model One Group Pretest Posttest Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Candung yang berjumlah 48 orang, sedangkan teknik yang dipakai dalam pengambilan sampel adalah Nonprobability Sampling yaitu Sampling Purposive di mana pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan-pertimbangan dan tujuan tertentu, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 23 orang. Data tentang kemampuan komunikasi siswa dikumpulkan melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis dengan menggunkan Wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan SPSS versi 22.00. Dari pengolahan data tersebut menunjukkan perbedaan antara nilai pretest dengan nilai posttest, dari hasil test statistic diketahui nilai Zhitung sebesar 4,201 sementara Ztabel 1,645 pada taraf signifikan 0,05. Maka dapat diketahui nilai Zhitung>Ztabel yaitu 4,201 > 1,645, sehingga ada perbedaan rata-rata nilai tes antara sebelum diberikan perlakuan dengan setelah diberikan perlakuan kepada siswa sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan berdasarkan hasil asymp sig (2-tailed) diperolah nilai sebesar (0,000) yang berarti lebih kecil dari alpha (0,05). Maka dapat disimpulkan Ha diterima artinya terdapat peningkatan kemampuan komunikasi siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan informasi bidang bimbingan sosial efektif dalam peningkatan kemampuan komunikasi siswa

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 31 Jul 2025 17:00
Last Modified: 31 Jul 2025 17:00
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/313

Actions (login required)

View Item View Item