Pelaksanaan Fungsi Guru Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 1 Kinali

Dafni Viktorio, 2614006 (2019) Pelaksanaan Fungsi Guru Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 1 Kinali. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
9e601-9.-defni-viktorio cover.pdf

Download (16kB)
[img] Text
9e601-9.-defni-viktorio abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
9e601-9.-defni-viktorio full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Fungsi seorang guru bimbingan konseling atau pembimbing di sekolah adalah membantu kepala sekolah beserta staffnya di dalam menyelenggarakan kesejahteraan sekolah. Sehubungan dengan itu, seorang guru bimbingan konseling mempunyai tugas-tugas tertentu antara lain menyelenggarakan bimbingan terhadap anak-anak, baik yang bersifat preventif, kuratif, dan preservatif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan bersifat deskriptif kualitatif. informan kunci dalam penelitian ini adalah dua orang guru bimbingan dan konseling dan informan pendukung yaitu satu orang siswa kelas XII IPS. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisa deskriptif kualitatif dan teknik menguji keabsahan data dengan triangulasi data. Hasil penelitian tentang fungsi guru bimbingan dan konseling di SMAN 1 Kinali terlaksananya fungsi preventif tetapi tidak berjalan dengan baik seperti papan bimbingan dan konseling yang sudah tidak terlaksana dalam lima tahun belakangan ini, kotak masalah yang terletak di ruangan BK sehingga tidak diketahui oleh siswa, selanjutnya dalam fungsi kuratif guru bimbingan dan konseling memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami masalah baik menyangkut aspek pribadi, sosial, maupun karir. Dalam fungsi preservatif guru bimbingan dan konseling selalu memberikan upaya agar pelaksanaan program dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 11 Aug 2025 14:28
Last Modified: 11 Aug 2025 14:28
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/322

Actions (login required)

View Item View Item