Hubungan Burnout dengan Penyelesaian Tugas-tugas Kuliah Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Bukittinggi

Sri Hanifa, 2615092 (2019) Hubungan Burnout dengan Penyelesaian Tugas-tugas Kuliah Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
1e249-24.sri-hanifa cover.pdf

Download (19kB)
[img] Text
1e249-24.sri-hanifa abstrak.pdf

Download (120kB)
[img] Text
1e249-24.sri-hanifa full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Beban kerja dalam tugas akademik yang diberikan melebihi kapasitas kemampuan mahasiswa sendiri dapat menurunkan kualitas pembelajaran, hubungan yang tidak sehat dalam lingkungan akademik, menurunkan kreativitas mahasiswa dan pada akhirnya mengalami burnout. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena terindikasi mahasiswa BK merasa lelah (burnout) dengan tugas yang terlalu banyak, monoton, mahasiswa sulit membagi waktu, sehingga mahasiswa BK memilih membuat tugas secara asal-asalan, untuk memenuhi tuntutan saja, mencontoh tugas teman atau senior, memanipulasi tugas lapangan dan memanipulasi data-data klien dalam beberapa tugas-tugas mata kuliah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan burnout dengan penyelesaian tugas-tugas kuliah mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Bukittinggi angkatan 2016, 2017 dan 2018. Penelitian ini tergolong pada penelitian kuantitatif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Bukittinggi dengan jumlah 395 orang dari ketiga angkatan 2016, 2017 dan 2018. Jumlah sampel pada penelitian ini 79 orang yang diambil menggunakan teknik Stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket Skala Likert. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment dengan bantuan SPSS 22. Hasil korelasi dapat diketahui rhitung sebesar 0.812, dari rtabel dengan degree of freedom (df) = N - Nr, maka 79-2 = 77 diperoleh angka 0.2213. Ini artinya bahwa 0.812 > 0.2213, sehingga hipotesis penelitian Ho ditolak dan Ha diterima, maka diperoleh gambaran bahwa terdapat hubungan Burnout dengan penyelesaian tugas-tugas kuliah mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Bukittinggi dengan korelasi “sangat tinggi” dengan nilai korelasi rxy 0.812 yang terletak antara 0,80-1,00. Setelah melakukan perhitungan maka diperoleh nilai koefisien determinasi = 65,9344 %. Artihnya sebesar 65,9344% variansi burnout berasosiasi dengan variansi penyelesaian tugas-tugas kuliah mahasiswa Prodi Bimbingan dan konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Bukittinggi dan selebihnya ditentukan oleh faktor lain. Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada mahasiwa Prodi BK angkatan 2016, 2017 dan 2018 mampu membagi waktu dalam menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan, memprioritaskan sebuah tanggung jawab tugas-tugas kuliah yang memiliki jangka waktu terdekat, agar tidak terjadi burnout (kelalahan fisik, mental dan emosional) mahasiswa.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Burnout, Penyelesaian Tugas Kuliah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 22 Aug 2025 08:40
Last Modified: 22 Aug 2025 08:40
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/371

Actions (login required)

View Item View Item