Awalia Aidil Fitri, 3321180 (2025) Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Bank Syariah Indonesia kepada Masyarakat: Pendekatan Integrated Marketing Communication. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
Awaliah Idilfitri cover.pdf Download (20kB) |
|
|
Text
Awaliah Idilfitri abstrak.pdf Download (326kB) |
|
|
Text
Awaliah Idilfitri.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan perbankan syariah di Indonesia menunjukan pertumbuhan yang signifikan. Namun dalam upaya memperluas pangsa pasar, bank syariah termasuk BSI Kcp Ujung Batu masih menghadapi sejumlah tantangan dalam strategi komunikasi pemasaran produknya kepada masyarakat. Salah satu tantangan utama adalah kurangnya pemahaman masyarakat terhadap konsep perbankan syariah. Selain itu , persaingan yang semakin ketat di industri perbankan juga menjadi tantangan tersendiri oleh BSI Kcp Ujung Batu dalam pemasaran produk Bank Syariah Indonesia kepada masyarakat yang mana di kecamatan Ujung Batu itu sendiri hanya terdapat satu Bank Syariah Indonesia. Tujuannya dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran produk Bank Syariah Indonesia kepada masyarakat dengan pendekatan Integrated Marketing Communication (IMC) di BSI Kcp Ujung Batu dan juga untuk mengetahui apa saja kendala dan solusi dalam implementasi IMC pada produk Bank Syariah Indonesia kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data melalui serangkaian wawancara semi terstruktur yang dirancang untuk menggali tentang strategi komunikasi pemasaran produk Bank Syariah Indonesia Kcp Ujung Batu dengan pendekatan integrated marketing communication . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran produk Bank Syariah Indonesia Kcp Ujung Batu kepada masyarakat pendekatan integrated marketing communication ada empat bentuk cara yang digunakan yaitu periklanan dan promosi, penjualan pribadi (personal seling), hubungan masyarakat (public relation), dan pemasaran langsung (direct Marketing). Sedangkan kendala yang dihadapi yaitu terkait dengan pandangan masyarakat terhadap bank syariah, yang mana masyarakat masih memiliki mindset bahwa bank syariah itu sama dengan bank konvensional, dan untuk solusinya yaitu pihak bank menekankan lagi kemampuan dalam menjelaskan tentang bank syariah kepada masyarakat dan lebih banyak lagi melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai bank syariah indonesia.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Periklanan dan Promosi, Penjualan Pribadi, Hubungan Masyarakat, Pemasaran Langsung |
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc H Ilmu Sosial > HB Teori ekonomi H Ilmu Sosial > HG Keuangan |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
| Date Deposited: | 15 Sep 2025 03:53 |
| Last Modified: | 15 Sep 2025 04:13 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/416 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

