Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran CTL Menggunakan Bantuan LKS Pada Siswa Di Kelas VIII SMPN 2 Tilatang Kamang Tahun Pelajaran 2017/2018

Rahmadani, 2413020 (2018) Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran CTL Menggunakan Bantuan LKS Pada Siswa Di Kelas VIII SMPN 2 Tilatang Kamang Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover rahmadani.pdf

Download (93kB)
[img] Text
abstrak rahmadani.pdf

Download (212kB)
[img] Text
10c3a-rahmadani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Rahmadani, NIM. 2413.020: “Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran CTL Menggunakan Bantuan LKS Pada Siswa di Kelas VIII SMPN2 Tilatang Kamang Tahun Pelajaran 2017/2018” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di kelas VIII SMPN 2 Tilatang Kamang yaitu pembelajaran masih terpusat pada guru, kurangnya aktivitas siswa selama proses pembelajaran, dalam pembelajaran siswa hanya menggunakan bahan ajar dari buku paket yang belum mampu sepenuhnya untuk memfasilitasi siswa mengaitkan pengetahuan yang diperoleh dengan kehidupan nyata, hasil belajar siswa masih banyak berada dibawah KKM yaitu 75. Hal ini dapat dilihat dari nilai MID semester I pada mata pelajaran matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Tilatang Kamang tahun pelajaran 2017/2018. Salah satu upaya yang diduga dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan pembelajaran CTL menggunakan bantuan LKS dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana aktivitas siswa dengan pendekatan pembelajaran CTL menggunakan bantuan LKS dan apakah hasil belajar matematika siswa dengan pendekatan pembelajaran CTL menggunakan bantuan LKS lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 2 Tilatang Kamang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan pendekatan pembelajaran CTL menggunakan bantuan LKS lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 2 Tilatang Kamang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Tilatang Kamang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan ratarata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII4 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari lembar aktivitas dan tes hasil belajar matematika siswa (tes akhir). Berdasarkan hasil aktivitas siswa diperoleh rata-rata 71,01. Hal ini menyatakan bahwa aktivitas siswa kelas VIII1 SMPN2 Tilatang Kamang tergolong aktif. Dari analisis nilai tes akhir dengan menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung = 1,71 dan ttabel = 1,68 karena thitung > ttabel dan dibandingkan dengan Software Minitab dengan P-value < 0,05, yaitu 0.048 < 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran CTL menggunakan bantuan LKS hasil belajar matematika siswa lebih baik dari pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP N 2 Tilatang Kamang tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
Q Ilmu > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 18 Sep 2025 01:26
Last Modified: 18 Sep 2025 01:26
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/425

Actions (login required)

View Item View Item