Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD N 06 Payaumbuh Utara Tahun Pelajaran 2016/2017

Veni Rahayu, 2412112 (2018) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD N 06 Payaumbuh Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover veni rahayu.pdf

Download (10kB)
[img] Text
abstrak veni rahayu.pdf

Download (59kB)
[img] Text
fulltext veni rahayu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

VENI RAHAYU(NIM : 2412.112) : Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VSD N 06 Payakumbuh Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya indikasi motivasi belajar matematika siswa rendah, terlihat saat guru menerangkan pelajaran dan memberikan soal latihan, ada siswa yang tidak memperhatikan dan mengerjakan soal yang diberikan guru. Jika guru memberikan soal atau tugas, siswa lebih banyak mencontek atau menyalin jawaban dari temannya, ini terlihat banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas secara mandiri. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari persentase nilai ulangan harian siswa kelas V yang terdaftar pada kelas V SD N 06 Payakumbuh Utara tahun pelajaran 2018/2019 yang tidak tuntas yaitu antara 77% sampai 85%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematikasiswa Kelas V SD N 06 Payakumbuh Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas V SD N 06 Payakumbuh Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas V SD N 06 Payakumbuh Utara Tahun Pelajaran 2018/2019”. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan sifat penelitian Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VSD N 06 Payakumbuh Utara yang berjumlah 33 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sama dengan jumlah populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 06 Payakumbuh Utara yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk mengetahui motivasi belajar. Hasil belajar diperoleh dari nilai ulangan harian siswa kelas V SD N 06 Payakumbuh Utara. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD N 06 Payakumbuh Utara = ?83,714 + 1,302 , nilai koefisien korelasi sebesar = 0,986 dan nilai koefisien determinasi sebesar = 97,2%. Dari pengujian hipotesis, untuk pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD N 06 Payakumbuh Utara diperoleh = 32,92dan = 1,694 pada tingkat kepercayaan 0,95. Jika > , berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tolak dan terima . Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD N 06 Payakumbuh Utara.”

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
Q Ilmu > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 18 Sep 2025 01:29
Last Modified: 18 Sep 2025 01:29
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/428

Actions (login required)

View Item View Item