Anggita Novlan Sari, 2413064 (2018) Pengaruh Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover anggita-novlan-sari.pdf Download (16kB) |
|
|
Text
abstrak anggita-novlan-sari.pdf Download (12kB) |
|
|
Text
18cc5-anggita-novlan-sari.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Proses pembelajaran matematika yang belangsung selama ini masih berpusat kepada guru sehingga kurangnya partisipasi siswa dalam belajar dan motivasi belajar siswa rendah. Hal ini menyebabkan kurangnya keinginan siswa untuk belajar dan ketidakmengertian mereka terhadap materi yang diajarkan yang mengakibatkan mereka tidak mempersiapkan diri sebelum belajar dan tidak mengerjakan tugas dengan tuntas. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan motivasi peserta didik untuk memahami konsep adalah model pembelajaran Sebaya. Karena dengan menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya peserta didik dapat meningkatkan motivasi belajar, sehingga peserta didik dapat memperoleh manfaat yang maksimal baik dari proses maupun hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (apakah motivasi belajar matematika siswa sesudah penerapan model pembelajaran tutor sebaya lebih baik daripada motivasi belajar matematika siswa sebelum pembelajaran tutor sebaya di kelas VII SMP N 2 Bukittinggi?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar matematika siswa sesudah penerapan pembelajaran tutor sebaya lebih baik daripada sebelum penerapan pembelajaran tutor sebaya di kelas VII SMP N 2 Bukittinggi. Hipotesis penelitian ini adalah motivasi belajar matematika siswa sesudah penerapan pembelajaran tutor sebaya lebih baik daripada sebelum penerapan pembelajaran tutor sebaya di kelas VII SMP N 2 Bukittinggi. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitiannya One- Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negri 2 Bukittinggi yang terdaftar pada semester II tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian adalah kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen Instrumen penelitian adalah angket. Data dalam penelitian ini adalah hasil dari skor pengisian angket. Dalam penelitian ini untuk melakukan pengujian hipotesis, sebelumnya dilakukan dulu uji normalitas, uji homogenitas. Dari hasil pengujian hipotesis, diperoleh ttabel = 1,68 dan thitung = 2,63 pada tingkat kepercayaan 95%. Jika thitung > ttabel, dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Tutor Sebaya di kelas VII SMPN 2 Bukittinggi cenderung mengalami peningkatan yang signifikan dan dapat dikatakan berhasil
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Ilmu > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 18 Sep 2025 02:11 |
| Last Modified: | 18 Sep 2025 02:11 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/433 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

