Pengaruh Media Poster Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 5 bukittinggi tahun pelajaran 2017/2018

Restu Ermila Akbar, 2413082 (2018) Pengaruh Media Poster Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 5 bukittinggi tahun pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover restu-ermila-akbar.pdf

Download (17kB)
[img] Text
abstrak restu-ermila-akbar.pdf

Download (25kB)
[img] Text
4ac62-restu-ermila-akbar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Restu Ermila Akbar 2413.082: ”Pengaruh Media Poster Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 5 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2017/2018”. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Bukitinggi. Tahun 2018M/1439. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di Kelas VII SMP N 5 Bukittinggi. Berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan yaitu motivasi belajar matematika siswa masih rendah hal ini dilihat dari pengumpulan tugas siswa yang masih banyak yang tidak mengumpulkan tugasnya yang berkirsar 40% hingga 60%. Hal ini juga menyebabkan hasil belajar matematika siswa rendah , dilihat dari nilai UH 1 siswa, dimana hampir 90 % belum mencapai KKM. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mencoba melakukan penelitian dengan menerapkan media poster untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi dan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media poster lebih baik dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas VII SMP N 5 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2017/2018.. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Terdapat pengaruh motivasi hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media poster lebih baik dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas VII SMP N 5 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan rancangan penelitian adalah Control Group Posttest-Only Design.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP N 5 Bukittinggi tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari tujuh kelas, dengan jumlah siswa 202 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII4 dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII3 dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari pemberian angket motivasi dan test hasil belajar matematika siswa (posttest). Dari hasil analisis angket motivasi belajar siswa dengan menggunakan ujit pada taraf nyata ? = 0.05, diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 4,079 > 1,67 dan hasil analisis tes akhir untuk hasil belajar siswa dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata ? =0,05 diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 5,35 > 1,67, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan media poster terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 5 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2017/2018

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Ilmu > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 18 Sep 2025 02:54
Last Modified: 18 Sep 2025 02:54
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/435

Actions (login required)

View Item View Item