Nihara Sadela, 3221175 (2025) Strategi Peningkatan Penjualan pada Pasar Tradisional Ditinjau dari Ekonomi Islam Pedagang Bukit Batu Apung Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
Nihara Sadela cover.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
Nihara Sadela abstrak.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
Nihara Sadela.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penulisan ini dilatar belakangi oleh penurunan pendapatan pedagang pasar tradisional Bukit Batu Apung akibat persaingan dengan perkembangan teknologi digital, khususnya e-commerce, yang mengubah perilaku konsumen dan pola belanja. Kurang maksimalnya strategi penjualan yang dilakukan oleh pedagang Bukit Batu Apung dipasar tradisional dengan adanya berbagai kendala seperti kurangnya pemanfaatan teknologi, keterbatasan modal, dan infrastruktur pasar yang kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatan penjualan pada pasar tradisional dari perspektif ekonomi Islam serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi pedagang Bukit Batu Apung. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pada 27 pedagang di pasar tradisional pedagang Bukit Batu Apung sebagai subjek penelitiannya. Dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi peningkatan penjualan meliputi penetapan harga harga secara wajar, kompetitif dan adil, promosi melalui media sosial ataupun promosi digital dan mulut ke mulut, pelayanan yang ramah, sopan, dan penuh pendekatan kekeluargaan, produk yang jelas, berkualitas dan bermanfaat, serta pemilihan lokasi usaha yang strategis. Kendala utama yang dihadapi adalah kurangnya pengetahuan teknologi untuk promosi digital dan pembayaran digital, pelayanan kurang maksimal, keterbatasan modal usaha, kondisi infrastruktur pasar yang kurang mendukung serta persaingan dengan pasar modern dan e-commerce.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Peningkatan Penjualan, Ekonomi Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 04:04 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 04:04 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/442 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |