Penerapan Metode Drill Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII MTS Darul Hikmah Sikilang Tahun Pelajaran 2018/2019

Naili, 2413141 (2018) Penerapan Metode Drill Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII MTS Darul Hikmah Sikilang Tahun Pelajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover naili.pdf

Download (63kB)
[img] Text
abstrak naili.pdf

Download (300kB)
[img] Text
fulltext naili.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa mudah lupa tentang materi yang diberikan oleh guru. Siswa menganggap matematika pelajaran yang sulit. Proses pembelajaran di kelas masih didominasi oleh guru. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa berada 89% dibawah KKM yaitu 75, dalam hal ini dapat dilihat dari nilai ulangan harian semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 di kelas VIII MTs Darul Hikmah Sikilang. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan metode drill. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan metode drill lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VIII MTs Darul Hikmah Sikilang tahun pelajaran 2018/2019 ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan metode Drill lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensioanal di kelas VIII MTs Darul Hikmah Sikilang tahun pelajaran 2018/2019. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan metode drill lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensioanal di kelas VIII MTs Darul Hikmah Sikilang tahun pelajaran 2018/2019”. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Sikilang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, dan terpilih kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dari hasil penelitian yang dianalisis menggunakan rumus persentase menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dianalisis dengan uji t diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 1,75 > 1,70 dan untuk lebih mengakuratkan perhitungan dengan uji t tersebut peneliti menggunakan Software SPSS, diperoleh Sig > yaitu 0,05. Dari hasil tersebut diketahui H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan data hasil belajar pada kelas sampel tersebut juga menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol yaitu 75,8125 > 61,81255. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan metode drill lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VIII MTs Darul Hikmah Sikilang tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
Q Ilmu > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 29 Sep 2025 06:29
Last Modified: 29 Sep 2025 06:29
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/458

Actions (login required)

View Item View Item