Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pendekatan Problem Centered Learning Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Canduang Tahun Pelajaran 2018/2019

Rici Sambora, 2413084 (2018) Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pendekatan Problem Centered Learning Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Canduang Tahun Pelajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover skripsi-rici-sambora-2413084.pdf

Download (112kB)
[img] Text
abstrak skripsi-rici-sambora-2413084.pdf

Download (395kB)
[img] Text
fulltext-skripsi-rici-sambora-2413084.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakang masih banyak siswa dalam menyelesaikan masalah matematika hanya mengerjakan seperti apa yang diberikan oleh guru mereka, ketika masalah yang dihadapi agak berbeda penyajianya mereka merasa kesulitan untuk menyelesaikanya. Selain itu cara penyelesaian permasalahan setiap siswa terlihat sama. Dan juga terdapat siswa yang kurang mengerti dengan materi yang di sampaikan guru, tetapi tersebut hanya diam dan tidak bertanya pada guru atau pun teman sebelahnya sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan nilai ulangan harian I siswa yang berada dibawah KKM (70) yaitu 61,90% di kelas VIII SMP N 2 Canduang tahun pelajaran 2018/2019. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mencoba melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan Problem Centered Learning dalam pembelajaran matematika.Rumusan masalah pada penelitian ini apakah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pendekatan Problem Centered Learning lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pendekatan Problem Centered Learning lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VIII di SMP N 2 Canduang tahun pelajaran 2018/2019. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pendekatan Problem Centered Learning lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII di SMP N 2 Canduang tahun pelajaran 2018/2019”. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Canduang tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih siswa kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari soal tes akhir hasil belajar matematika. Dari hasil analisis tes akhir dengan menggunakan uji t diperoleh hasil t_hitung=1,823 dan t_tabel= 1,68 pada taraf nyata ?=0,05. Karena t_hitung>t_tabel berarti H_0 ditolak pada taraf nyata ?=0,05. Selain itu, dengan menggunakan Software Minitab diperoleh P_value= 0,038 yang artinya P_value?? dengan ?=0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pendekatan Problem Centered Learning lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VIII di SMP N 2 Canduang tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Ilmu > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 29 Sep 2025 06:29
Last Modified: 29 Sep 2025 06:29
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/459

Actions (login required)

View Item View Item