Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Self Directed Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Muhamadiyah Lawang Tigo Balai Kecamatan Matur Kabupaten Agam Sumatera Barat

Ulfi Amanda, 2121103 (2025) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Self Directed Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Muhamadiyah Lawang Tigo Balai Kecamatan Matur Kabupaten Agam Sumatera Barat. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Ulfi Amanda 2121103 cover.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Ulfi Amanda 2121103 abstrak.pdf

Download (507kB)
[img] Text
Ulfi Amanda 2121103 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena penulis menemukan beberapa masalah di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Muhamadiyah, terutama pada mata pelajaran fikih di kelas X. Dalam proses belajar fikih yang dilakukan di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Muhamadiyah Lawang Tigo Balai masih terfokus kepada guru (teacher centered approach) dan menggunakan model pembelajaran Directed Intruction siswa hanya memperhatikan guru sehingga masih banyak siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran dan merasa bosan. Guru mata pelajaran fikih disekolah tersebut belum menggunakan model Self Directed Learning (SDL). Dan terdapat beberapa siswa yang memiliki nilai dibawah target yang telah ditentukan. Oleh karena iu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Self Directed Learning (SDL) terhadap hasil siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Muhamadiyah kelas X Lawang Tigo Balai Kecamatan Matur Kabupaten Agam Sumatera Barat. Penelitian ini penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Quasi Experimental dengan desain penelitian Post Tes Only Design with Nonequivalent Groups. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (Independent Variable) adalah model pembelajaran Self Directed Learning (SDL) dan variabel terikat (Dependent Variabel) adalah hasil belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes berupa Post Tes dan observasi terhadap guru maupun siswa. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 68 orang siswa dan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 40 siswa orang siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Cluster Random Sampling yang dilakukan melalui uji homogenitas terhadap populasi, kemudian sampel dipilih secara acak dengan mencabut lot. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka hasil penelitian ini adalah penerapan model Self Directed Learning (SDL) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini didukung oleh hasil uji Independent Sampel T-tes, dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,001, dengan menggunakan dasar mengambil keputusan apabila sig < 0,05, maka maka menunjukan perbedaan skor pemahaman siswa antara kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Self Directed Learning (SDL) dan kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran Directed Intruction. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Self Directed Learning (SDL) terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Self Directed Learning, Hasil belajar Siswa, Mata Pelajaran Fikih
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 02 Oct 2025 01:01
Last Modified: 02 Oct 2025 01:01
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/473

Actions (login required)

View Item View Item