Strategi Optimalisasi Potensi Ikan Lele Melalui Pendekatan Ekonomi Kreatif di Desa Pasar 60, Nagari Batang Arah Tapan, Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan

Okta Pendra, 3221114 (2025) Strategi Optimalisasi Potensi Ikan Lele Melalui Pendekatan Ekonomi Kreatif di Desa Pasar 60, Nagari Batang Arah Tapan, Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Okta Pendra 3221114 cover.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Okta Pendra 3221114 abstrak.pdf

Download (254kB)
[img] Text
Okta Pendra 3221114 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi pengembangan usaha budidaya ikan lele berbasis ekonomi kreatif agar dapat memberikan nilai tambah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal. Potensi ikan lele di daerah ini cukup besar, namun belum dikelola secara optimal karena masih dilakukan secara tradisional, minimnya inovasi produk, keterbatasan modal, dan rendahnya akses terhadap teknologi serta pemasaran digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan utama dalam penelitian adalah para peternak lele kampung di Desa Pasar 60. Data dianalisis menggunakan teknik SWOT yang terdiri dari faktor kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats), serta menggunakan matriks IFAS dan EFAS untuk menentukan posisi strategi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang paling sesuai berada pada kuadran I (Strategi SO), yaitu memaksimalkan kekuatan dan peluang. Strategi SO adalah mendorong pengembangan produk olahan lele seperti abon, kerupuk, dan lele asap serta pemanfaatan media sosial untuk pemasaran. Strategi ST adalah menciptakan brand khas produk lele Tapan untuk mengantisipasi ancaman persaingan dan memperluas jangkauan pasar. Strategi WO diarahkan pada penyediaan pelatihan pengolahan hasil panen dan pemasaran digital untuk mengurangi kelemahan. Sedangkan strategi WT fokus pada penguatan kelembagaan peternak, pembentukan koperasi berbasis syariah, dan advokasi kebijakan untuk membantu peternak lele dari sisi permodalan dan infrastruktur.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Strategi Optimalisasi, Ikan Lele, Ekonomi Kreatif, SWOT, Pesisir Selatan
Subjects: H Ilmu Sosial > HC Economic History and Conditions
H Ilmu Sosial > HD Industri. Pemanfaatan lahan. Tenaga kerja
S Pertanian > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 13 Oct 2025 08:23
Last Modified: 13 Oct 2025 08:23
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item View Item