Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 47 Parit Panjang Lubuk Basung

Syntia Julianti, 2413153 (2018) Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 47 Parit Panjang Lubuk Basung. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover syintia-julianti-2413.153-.pdf

Download (16kB)
[img] Text
abstrak syintia-julianti-2413.153-.pdf

Download (32kB)
[img] Text
1492e-syintia-julianti-2413.153-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi pada SDN 47 Parit Panjang, Dimana hasil belajar matematika siswa belum sepenuhnya mencapai kriteria ketuntasan maksimal (KKM), rendahnya hasil belajar matematika siswa, dan penggunaan media pembelajaran masih sedikit. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan media sederhana terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas IV SDN 47 Parit Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang sifgnifikan penggunaan media visual terhadap hasil belajarmatematika siswa di kelas IV SDN 47 Parit Panjang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Terdapat Pengaruh yang sifgnifikan Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas IV SD Negeri 47 Parit Panjang”. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana seluruh anggota populasi diambil sebagai sampel dalam penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN 47 Parit Panjang. Data hasil belajar diperoleh dari hasil pretest dan posstest. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar. Dalam penelitian ini untuk pengujian data hasil belajar dilakukan uji normalitas dengan menggunakan uji Liliofors dan sebaran data berdistribusi normal. Selanjutnya diperoleh hasil rata-rata nilai pretest adalah 34,09, sedangkan rata-rata nilai posstest adalah 80,87.Hasil belajar matematika dianalisis menggunakan uji-t, dengan hasil thitung = 10,51 dan ttabel = 1,80, karena thitung > ttabel berarti tolak H0 dan terima H1 pada taraf nyata α = 0,05, jadi tolak H0 dan terima H1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media visual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 47 Parit Panjang.”

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1501 Pendidikan dasar
Q Ilmu > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 16 Oct 2025 03:12
Last Modified: 16 Oct 2025 03:12
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/513

Actions (login required)

View Item View Item