Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 1 Palupuh

Fauziah Khairat S, 2413039 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 1 Palupuh. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover fauziah-k-s.pdf

Download (9kB)
[img] Text
abstrak fauziah-k-s.pdf

Download (8kB)
[img] Text
ee514-fauziah-k-s.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan pengamatan yang telah peneliti lakukan yaitu rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dalam belajar matematika. Hal ini dilihat dari hasil belajar siswa pada UH semester II masih banyak yang berada di bawah KKM yaitu 75. Salah satu alternatif pembelajaran yang diduga dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah motivasi dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik dari pada pembelajaran konvensional siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Palupuh. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik dari pada pembelajaran konvensional siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Palupuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Randomized Control Grup Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Palupuh tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu melakukan uji normalitas, uji homogenitas serta uji kesamaan ratarata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IS3 sebagai kelas kontrol. Data motivasi belajar matematika diperoleh dari angket dan hasil belajar diperoleh dari tes akhir. Berdasarkan analisis data angket motivasi belajar siswa dengan presentase 69.2208% kategori kuat dan analisis tes akhir dihitung dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching kelas eksperimen XI IS2 adalah 77.43 dan kelas kontrol XI IS3 adalah 57.29. Analisis tes akhir dihitung menggunakan uji-t pada taraf nyata ? = 0.05, diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 3.58 > 1,68 dan dibandingkan dengan Software Minitab dengan P-value < 0,05, yaitu 0.000 < 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “motivasi dan hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik dari pada motivasi dan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional XI IS SMA Negeri 1 Palupuh

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Ilmu > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 21 Oct 2025 08:56
Last Modified: 21 Oct 2025 08:56
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/533

Actions (login required)

View Item View Item