Asnani, 2414039 (2018) Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran Matematika di Kelas VIII MTsS Diniyah V Jurai Sungai Pua Tahun Pelajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover asnani-2414039-pdf.pdf Download (18kB) |
|
|
Text
abstrak asnani-2414039-pdf.pdf Download (135kB) |
|
|
Text
72c9c-asnani-2414039-pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan mengkomunikasikan ide-ide matematika dan memodelkan suatu persoalan ke dalam model matematika. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsS Diniyah V Jurai Sungai Pua Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Conrextual Teaching and Learning lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsS Diniyah V Jurai Sungai Pua Tahun Pelajaran 2018/ 2019”. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The Static Group Comparison Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Diniyah V Jurai Sungai Pua tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan komunikasi matematis siswa ( tes akhir ). Berdasarkan hasil analisis tes akhir dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata ? = 0.05, diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 1.780 > 1.678 dan dibandingkan dengan Software Minitab dengan P-value < 0,05, yaitu 0.041 < 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat dapat disimpulkan bahwa Kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih baik dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsS Diniyah V Jurai Sungai Pua Tahun Pelajaran 2018/2019.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Ilmu > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 08:56 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 08:56 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/537 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

