Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Concept Attaiment Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP N 1 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2017/2018

Fitri Maliny, 2413041 (2018) Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Concept Attaiment Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP N 1 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover fitri-malini-2413.041-.pdf

Download (110kB)
[img] Text
abstrak fitri-malini-2413.041-.pdf

Download (249kB)
[img] Text
0f674-fitri-malini-2413.041-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemapuan pemahaman konsep matematika siswa terhadap masalah yang diberikan dalam pembelajaran matematika. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP N 1 Padang Panjang pada Ujian Tengah Semester (UTS) berada dibawah nilai (<55). Hal ini diduga, disebabkan oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensional, dimana proses pembelajaran didominasi oleh guru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah pemahaman konsep matematika iswa yang mengikuti Model pembelajaran Concept Attaiment lebih baik daripada siswa yang mengikuti Pembelajaran Konvensional di kelas VII SMP N 1 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti Model pembelajaran Concept Attaiment lebih baik daripada siswa yang mengikuti Pembelajaran Konvensional di kelas VII SMP N 1 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2017/2018. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Pemahaman Konsep Matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Model pembelajaran Concept Attaiment lebih baik daripada siswa yang mengikuti Pembelajaran Konvensional di kelas VII SMP N 1 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2017/2018”. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP N 1 Padang Panjang tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.D sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar matematika siswa( tes akhir ). Dari hasil analisis tes akhir dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata α = 0.05, diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 2,40 > 1,67 sehingga H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Model pembelajaran Concept Attaiment lebih baik daripada siswa yang mengikuti Pembelajaran Konvensional di kelas VII SMP N 1 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2017/2018”.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Ilmu > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 22 Oct 2025 01:56
Last Modified: 22 Oct 2025 01:56
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item