Muharni Meitia, 2414130 (2018) Kecenderungan Penulisan Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi Tahun 2015-2017. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover skripsi-muharni-meitia-2414.130-.pdf Download (104kB) |
|
|
Text
abstrak skripsi-muharni-meitia-2414.130-.pdf Download (162kB) |
|
|
Text
37b9c-skripsi-muharni-meitia-2414.130-.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan permasalahan yang diteliti masih monoton, fokus penelitian masih cenderung monoton, mahasiswa cenderung bergantung pada masalah penelitian yang dilakukan mahasiswa angkatan sebelumnya, pemilihan subjek dan materi penelitian yang belum merata. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah sebaran penulisan skripsi mahasiswa prodi pendidikan matematika IAIN Bukittinggi dilihat dari segi jenis penelitian, fokus penelitian, sujek penelitian, materi penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan sebaran penulisan skripsi mahasiswa prodi pendidikan matematika Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi tahun 2015-2017 dilihat dari segi jenis penelitian, subjek yang diteliti, fokus penelitian dan materi penelitian yang dilakukan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Subjek dari penelitian ini adalah skripsi mahasiswa prodi pendidikan matematika tamatan tahun 2015-2017. Hasil penelitian menunjukkan Sebaran penulisan skripsi mahasiswa prodi pendidikan matematika IAIN Bukittinggi dilihat dari segi jenis penelitiannya yaitu, sebagian besar mahasiswa munggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan persentase 87,38% sedangkan untuk jenis penelitian kualitatif sebesar 7,01%. Jenis penelitian selain penelitian kuantitatif dan kualitatif sebesar 5,61%. Sebaran penulisan skripsi mahasiswa prodi pendidikan matematika IAIN Bukittinggi dilihat dari segi fokus penelitian terbagi dua yaitu tema atau isu utama dan tema atau isu sekunder. Pada isu utama kecenderungan mahasiswa memilih isu/fokus penelitian pada model pembelajaran dengan persentase 38,32%, strategi pembelajaran sebesar 29,34%, metode pembelajaran sebesar 10,18%, pendekatan pembelajaran sebesar 16,77% dan yang paling sedikit menggunakan isu teknik pembelajaran sebanyak 5,39%. Pada isu sekunder adanya kecenderungan pada isu sekunder pada hasil belajar matematika. Sebaran penulisan skripsi mahasiswa prodi pendidikan matematika IAIN Bukittinggi diihat dari segi materi penelitian cenderung banyak memilih materi bangun ruang yaitu, sebanyak 31 skripsi. Sebaran penulisan skripsi mahasiswa prodi pendidikan matematika IAIN Bukittinggi diihat dari segi subjek penelitian yaitu sebagian besar mahasiswa cenderung memilih subjek penelitian pada siswa-siswi SMP/sederajat yaitu sebesar 80,37%. Sedangkan sisanya pada siswa-siswi SMA/sederajat sebesar 14,49%, sekolah dasar sebesar 4,21% dan yang paling sedikit meneliti di perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa sebanyak 2 orang dengan persentase sebesar 0,93%.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB2300 Pendidikan tinggi Q Ilmu > QA Mathematics Z Bibliografi. Ilmu Perpustakaan. Sumber Informasi > Z665 Library Science. Information Science |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 01:56 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 01:56 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/547 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

