Perbedaan Regulasi Diri Siswa dalam Belajar di MTsN 6 Agam

Bobi Risatria, 2619107 (2025) Perbedaan Regulasi Diri Siswa dalam Belajar di MTsN 6 Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Bobi Risatria 2619107 cover.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Bobi Risatria 2619107 abstraK.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Bobi Risatria 2619107 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai regulasi diri siswa dalam belajar di MTsN 6 Agam. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi peneliti tentang regulasi diri siswa dalam belajar, siswa yang belum bisa bertanggung jawab terhadap kegiatan belajarnya, siswa masih bersikap pasif pada saat belajar, belum terlihatnya siswa yang mandiri dalam proses belajar, dan siswa belum sepenuhnya percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya. Regulasi diri adalah tingkat dimana individu secara metakognitif, motivasi, dan perilaku. Secara aktif berpartisipasi dalam proses belajar mereka sendiri. Regulasi diri merupakan salah satu faktor yang diduga berperan penting sebagai penunjang keberhasilan siswa dalam meraih keberhasilan dalam belajar sebagai salah satu bentuk untuk menetapkan motivasi intrinsik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dari penelitian ini 756 orang siswa MTsN 6 Agam. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik Random sampling dimana pengambilan sampel berdasarkan pada pertimbangan-pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa MTsN 6 Agam sebanyak 75 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan alat atau instrumen berupa angket yang dibagikan kepada 75 siswa kemudian data dianalisi menggunakan uji Statistik. Teknik analisis data dengan cheking data, editing data, coding data, tabulasi data, mean data, menentukan persentase, interpretasi data, standar devisi, dan range. Hasil Penelitian yang telah diketahui berdasarkan uji statistik yang dilakukan tentang perbedaan regulasi diri siswa dalam belajar di MTsN 6 Agam, pada siswa laki-laki dengan persentase 70% terletak pada kategori tinggi, sedangkan pada siswa perempuan dengan persentase 50% terletak pada kategori sedang. Selanjutnya perbedaan regulasi diri siswa dalam belajar berdasarkan kelas VII, VIII, IX. Pada kelas VII terdapat siswa laki-laki dengan persentase 70% terletak pada kategori tinggi, sedangkan pada siswa perempuan dengan persentase 80% terletak pada kategori sedang. Untuk kelas VIII pada siswa laki-laki dengan persentase 75% terletak pada kategori tinggi, sedangkan pada siswa perempuan dengan persentase 62% terletak pada kategori sedang. Perbedaan regulasi diri siswa dalam belajar berdasarkan kelas yaitu sama-sama terletak pada kategori tinggi dengan persentase yang berbeda pada siswa laki-laki dengan persentase 63%, sedangkan pada siswa perempuan dengan persentase 65%, diamana regulasi diri siswa dalam belajar siswa perempuan di kelas IX lebih tinggi dari pada siswa laki-laki. Jadi dapat disimpulkan bahwa regulasi diri siswa dalam belajar di kelas VII, VIII, dan IX lebih tinggi siswa perempuan kelas VII dengan persentase 80% dan berada pada kategori sedang.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Regulasi Diri, Belajar, Gender
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BF Psychology
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:42
Last Modified: 22 Oct 2025 02:42
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item