Pengaruh Kepercayaan Diri dan Dukungan Sosial Orangtua terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Padang Gelugur

Riza Asnita, 2619062 (2024) Pengaruh Kepercayaan Diri dan Dukungan Sosial Orangtua terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Padang Gelugur. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Riza Asnita 2619062 cover.pdf

Download (202kB)
[img] Text
Riza Asnita 2619062 abstrak.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Riza Asnita 2619062 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu yang mempengaruhi motivasi belajar bagi siswa adalah kepercayaan diri dan dukungan sosial orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri dan dukungan sosial orangtua terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 1 Padang Gelugur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepercayaan diri terhadap motivasi belajar siswa, seberapa besar pengaruh dukungan sosial orangtua terhadap motivasi belajar siswa, dan seberapa besar pengaruh kepercayaan diri dan dukungan sosial orangtua terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI di SMAN 1 Padang Gelugur yang sedang menjalani proses pembelajaran sejumlah 120 siswa. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional Random Sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 92 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala pengukuran yang dikembangkan oleh peneliti. Analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis penelitian yaitu analisis regresi linear sederhana dan analisis linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikansi dari variabel kepercayaan diri terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, terhadap pengaruh positif dan signifikansi dari variabel dukungan sosial orangtua terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, terhadap pengaruh yang posotif antara variabel kepercayaan diri dan dukungan sosial orangtua secara bersama terhadap motivasi belajar siswa sevesar 76,9%.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Kepercayaan Diri, Dukungan Sosial Orangtua, Motivasi Belajar
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BF Psychology
H Ilmu Sosial > HQ The family. Marriage. Woman
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 22 Oct 2025 03:16
Last Modified: 22 Oct 2025 03:16
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/551

Actions (login required)

View Item View Item