Maya Elvia Sari, 2413105 (2018) Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Pasaman Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover maya-elvia-sari-2413.105-.pdf Download (22kB) |
|
|
Text
abstrak maya-elvia-sari-2413.105-.pdf Download (323kB) |
|
|
Text
ca7a5-maya-elvia-sari-2413.105-.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di kelas VIII SMP N 1 Pasaman berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan, yaitu guru kurang mengaitkan materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari serta kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang kurang berkembang. Salah satu upaya yang diduga dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah pada penelitian ini apakah pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan CTL lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP N 1 Pasaman tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi apakah pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Pasaman yang menggunakan pendekatan CTL lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan CTL lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP N 1 Pasaman tahun pelajaran 2017/2018”. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Pasaman tahun pelajaran 2017/2018, selain daripada kelas unggul. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes pemahaman konsep (tes akhir). Berdasarkan analisis hasil tes pemahaman konsep matematika dengan menggunakan uji-t, diperoleh dan , . Sedangkan dengan menggunakan Minitab diperoleh Pvalue yang artinya pada taraf nyata , sehingga berdasarkan hasil tersebut tolak H0 dan terima H1. Jadi dapat disimpulkan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan CTL lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP N 1 Pasaman
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Ilmu > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 08:46 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 08:46 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/560 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

