Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di SMK N 4 Payakumbuh

Wirdahnum, 2121214 (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di SMK N 4 Payakumbuh. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Wirdahnum 2121214 cover.pdf

Download (288kB)
[img] Text
Wirdahnum 2121214 abstrak.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Wirdahnum 2121214 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI, yang disebabkan oleh; minat dan motifasi belajar peserta didik perhadap pembelajaran cenderung rendah, peserta didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran, tidak mau bertanya pada guru saat kegiat pembelajaran, tidak menjawab pertanyaan yang diberikan guru, keberagaman gaya belajar siswa, serta model pembelajaran yang kurang mengaktifkan siswa. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat menggunakan model pembelajaran visual auditori kinestetik (VAK) yang dapat memberikan peserta didik kesempatan untuk belajar sesuai dengan gaya belajarnya, sehingga siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran visual auditori kinestetik (VAK) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMK N 4 Payakumbuh. Metode ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian penelitian Quasi Eksperimen dengan desain posttest only control design, dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI DKV 1 sebagai kelas eksperimen dan XI DKV 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji one sample t-test dan uji independen sampel t-test yang dianalisis menggunakan bantuan software SPSS. Berdasarkan uji hipotesis pada tabel Group Statistik diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,13 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 72,93. Pada tabel Independen Samples Test diperoleh nilai sig. (2-tailet) sebesar 0,007 yang berarti kecil dari 0,05 artinya Ho ditolak Ha diterima. Sedangkan pada uji Wan sampel di tes dengan tes value 74 menunjukkan bahwa nilai sig.(2-tailet) 0,014 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar menggunakan model VAK dengan tes value 74 diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran visual auditori kinestetik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMKN 4 Payakumbuh. selain itu terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan peserta didik pada kelas kontrol, di mana kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata yang lebih tinggi.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Model Pembelajaran, Visual, Auditori, Kinestetik, Hasil belajar
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP1-253 Islam
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 23 Oct 2025 08:57
Last Modified: 23 Oct 2025 08:57
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item