Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Kecerdasan Majemuk di Kelas VIII SMPN 2 Tilatang Kamang

Endang Triana, 2413003 (2018) Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Kecerdasan Majemuk di Kelas VIII SMPN 2 Tilatang Kamang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover pdf-endang-triana-2413003-.pdf

Download (101kB)
[img] Text
abstrak pdf-endang-triana-2413003-.pdf

Download (182kB)
[img] Text
18d45-pdf-endang-triana-2413003-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di Kelas VIII SMPN 2 Tilatang Kamang berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan yaitu pembelajaran hanya didominasi oleh guru, serta siswa kurang memiliki sikap percaya diri dalam menyelesaikan soal dalam pembelajaran. selain itu, hasil belajar siswa masih berada dibawah KKM yaitu 75 dalam hal ini dilihat dari ketuntasan nilai Ulangan Harian 1 di kelas VIII SMPN 2 Tilatang Kamang. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mencoba melakukan penelitian dengan menggunakan strategi kecerdasan majemuk. Rumusan masalah pada penelitian ini apakah hasil belajar matematika siswa dengan strategi kecerdasan majemuk lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 2 Tilatang Kamang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa mengunakan strategi kecerdasan majemuk lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 2 Tilatang Kamang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi kecerdasan majemuk lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 2 Tilatang Kamang”. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Tilatang Kamang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian hasil belajar matematika siswa diperoleh dari tes akhir. Dari hasil analisis tes akhir dihitung dengan menggunakan uji-t. dengan hasil thitung =2.044 dan ttabel = 1.68. Karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak pada taraf nyata ? = 0.05, serta dengan menggunakan Minitab diperoleh Pvalue= 0.024 yang artinya Pvalue< ? dengan ? = 0.05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tolak H0 dan terima H1. jadi dapat disimpulkan bahwa “hasil belajar matematika siswa yang mengikuti strategi kecerdasan majemuk lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 2 Tilatang Kamang

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Sains > QA Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 28 Oct 2025 07:35
Last Modified: 28 Oct 2025 07:35
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/580

Actions (login required)

View Item View Item