Lusi Novita Sari, 2413014 (2018) Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Muallimin Pakan Sinayan Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover lusi-novita-sari-2413.014-.pdf Download (167kB) |
|
|
Text
abstrak lusi-novita-sari-2413.014-.pdf Download (234kB) |
|
|
Text
b66fb-lusi-novita-sari-2413.014-.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi peneliti pada tanggal 9 dan 11 Oktober 2017 di Pondok Pesantren Muallimin Pakan Sinayan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penulis mengamati bahwa terdapat kesenjangan nilai matematika yang mencolok antara siswa yang memiliki hafalan yang bagus (banyak dan mutqin/lancar) dan siswa yang memiliki hafalan yang kurang bagus. Berdasarkan pengamatan yang telah penulis lakukan, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh hafalan Al-Qur?an terhadap prestasi belajar matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh signifikan hafalan Al-Qur?an terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX Ponpes Muallimin Pakan Sinayan Tahun Pelajaran 2017/2018? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan hafalan Al-Qur?an terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX Ponpes Muallimin Pakan Sinayan Tahun Pelajaran 2017/2018. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan hafalan Al-Qur?an terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX Ponpes Muallimin Pakan Sinayan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif dengan sifat penelitian korelasional menggunakan regresi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX Ponpes Muallimin Pakan Sinayan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 32 orang siswa. Data dalam penelitian ini adalah hasil dari dokumentasi nilai hafalan santri dan tes hasil belajar. Dari hasil analisis data diperoleh persamaan regresinya yaitu Y = -39,448 + 1,298X. Dari hasil pengujian hipotesis, diperoleh Fhitung = 221,105 dan Ftabel = 4,17 pada tingkat kepercayaan 95%. Fhitung > Ftabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan hafalan Al-Qur?an terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX Pondok Pesantren Muallimin Pakan Sinayan.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Sains > QA Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 07:35 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 07:35 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/581 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

