Liana Gustina, 2413104 (2018) Penerapan Modelteam-Assisted Individualization(TAI )Dalam Pembelajara Matematika Kelas X Di SMA N 1 Tanjung Raya Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
COVER liana-gustina-fdf.pdf Download (27kB) |
|
|
Text
ABSTRAK liana-gustina-fdf.pdf Download (120kB) |
|
|
Text
35867-liana-gustina-fdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan disaat peneliti melakukan observasi di kelas X SMA N 1 Tanjung Raya, metode yang digunakan cenderung satu arah, kurangnya keaktifan siswa saat belajar mengajar, hasil belajar siswa rendah , dalam hal ini dilihat dari nilai MID semester 1 pada pelajaran matematika siswa kelas X SMA N 1 Tanjung Raya tahun pelajaran 2017/2018 . Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mencoba menerapkan model Team Assisted Individualization dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa yang menggunakan model TAI dan mengetahui hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model TAI lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA N 1 Tanjung Raya tahun pelajaran 2017/2018. “Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model TAI lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA N 1 Tanjung Raya”. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Tanjung Raya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random sampling setelah dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan X1 sebagai kelas kontrol. Data penelitian hasil belajar matematika diperoleh dari tes akhir. Berdasarkan analisis data, aktivitas siswa yang mengikuti pembelajaran model Team Assisted Individualization sebesar 74,20%. Berdasarkan kriteria aktivitas pembelajaran, maka aktivitas siswa tergolong aktif. Analisis data hasil belajar matematika dengan menggunakan uji-t, dengan hasil thitung = 4, 57 > ttabel =1.67. Karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak pada taraf nyata ? = 0.05, serta dengan menggunakan Software MINITAB diperoleh Pvalue = 0.000 yang artinya Pvalue < ? dengan ? = 0.05, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tolak H0 dan terima H1. Dilihat dari rata-rata hasil tes akhir siswa kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol yaitu 76.71 > 61.61. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model TAI lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas SMA N 1 Tanjung Raya.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Sains > QA Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 07:36 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 07:36 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/589 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

