Penerapan Model Active Learning tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) disertai Speed Test Di Kelas VIII SMP N 2 RAO Tahun Pelajaran 2017/2018

Yesi Rahayu, 2413122 (2017) Penerapan Model Active Learning tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) disertai Speed Test Di Kelas VIII SMP N 2 RAO Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover skripsi-yesi-rahayu.pdf

Download (48kB)
[img] Text
abstrak skripsi-yesi-rahayu.pdf

Download (116kB)
[img] Text
2b1cb-skripsi-yesi-rahayu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih didominasi oleh guru, anggapan siswa bahwa matematika pelajaran yang sulit. Akibatnya siswa pasif dalam pembelajaran. Rata- rata hasil belajar siswa masih banyak dibawah KKM yaitu 75 dalam hal ini dilihat dari nilai UH 1 matematika tahun pelajaran 2017/2018 di kelas VIII SMPN 2 RAO. Upaya yang diduga dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan penerapan model Active Learning tipe Giving Questions and Getting Answer disertai Speed Test. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan penerapan model Active Learning tipe Giving Questions and Getting Answer disertai Speed Test serta apakah hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model Active Learning tipe Giving Questions and Getting Answer disertai Speed Test lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 2 RAO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan penerapan model Active Learning tipe Giving Questions and Getting Answer disertai Speed Tes, serta mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan model Active Learning tipe Giving Questions and Getting Answer disertai Speed Test apakah lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 2 RAO. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model Active Learning tipe Giving Questions and Getting Answer disertai Speed Test lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 2 RAO”. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan penelitian the Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 2 RAO. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dngan terebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII4 sebagai kelas kontrol. Data penelitian aktivitas siwa diperoleh dari hasil observasi. Berdasarkan analisis data hasil observasi, aktivitas siswa dengan model Active Learning tipe Giving Questions and Getting Answer disertai Speed Test tergolong pada kategori aktif dengan persentase 78,6. Pengolahan data hasil tes akhir dihitung dengan menggunakan uji-t dengan hasil thitung = 3,02 dan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak pada taraf nyata ? = 0,005, serta dengan menggunakan minitabe diperoleh Pvalue = 0.002 yang artinya Pvalue < ?. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa “hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model Active Learning tipe Giving Questions and Getting Answer disertai Speed Test lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 2 RAO

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Sains > QA Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 30 Oct 2025 08:22
Last Modified: 30 Oct 2025 08:22
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item View Item