Implementasi Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen pada Penjualan Lemari di Toko Megumi Furniture Kabupaten Solok

Nur Fadila, 3721076 (2025) Implementasi Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen pada Penjualan Lemari di Toko Megumi Furniture Kabupaten Solok. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Nur Fadila 3721076 cover.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Nur Fadila 3721076 abstrak.pdf

Download (300kB)
[img] Text
Nur Fadila 3721076 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam strategi pemasaran yang diterapkan oleh Megumi Furniture Solok dalam upayanya meningkat kan kepuasan konsumen, khususnya pada produk lemari yang menjadi andalan Megumi Furniture. Latar belakang penelitian ini yaitu Megumi Furniture menghadapi permasalahan berupa penurunan penjualan yang cukup signifikan, yang berdampak pada berkurangnya pangsa pasar di tengah persaingan yang semakin ketat. Selain itu, efektivitas strategi promosi yang selama ini diterapkan Toko Megumi Furniture dinilai kurang maksimal, sehingga tidak mampu menarik minat konsumen secara optimal dan menyebabkan Megumi Furniture tertinggal dengan para pesaingnya yang lebih agresif dalam melakukan inovasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggali informasi secara mendalam melalui berbagai teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara mendalam dengan pemilik, karyawan, serta pelanggan, dan dokumentasi terkait aktivitas pemasaran yang telah dilakukan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sebagai landasan teori, penelitian ini mengadopsi konsep marketing mix 4P yang merupakan pengembangan dari bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat, promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi pemasaran Toko Megumi Furnitur Solok telah berhasil dalam beberapa aspek seperti, produk lemari yang ditawarkan memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Harga yang diterapkan juga kompetitif dan seimbang dengan nilai produk, mendukung daya beli dan persepsi nilai yang positif di mata konsumen. Selain itu, lokasi yang strategis memudahkan konsumen dalam mengakses produk, yang turut meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Namun demikian, promosi yang dilakukan belum optimal, sehingga perlu ditingkatkan agar dapat menjangkau pasar lebih luas dan menguatkan loyalitas pelanggan. Dalam konteks bisnis syariah, kesesuaian penerapan strategi pemasaran 4P ini juga harus mencerminkan prinsip ketauhidan, keadilan, tanggung jawab dan halal haram yang menjadi prinsip dasar etika bisnis syariah. Prinsip ketauhidan menegaskan bahwa seluruh aktivitas bisnis harus bersumber pada keimanan kepada Allah SWT. Prinsip keadilan dijalankan dalam hubungan yang seimbang antara penjual dan konsumen, sementara tanggung jawab mencakup sikap akuntabilitas terhadap kualitas produk dan pelayanan. Disamping itu, prinsip halal dan haram menjadi panduan mutlak dalam pemilihan bahan dan proses produksi agar sesuai dengan syariat Islam. Hal ini dilakukan agar tercipta bisnis yang tidak hanya menguntungkan secara ekonomi tetapi juga bermartabat secara spiritual, menumbuhkan kepuasan dan loyalitas pelanggan secara menyeluruh.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Strategi Pemasaran, Kepuasan Konsumen, Penjualan Lemari, Furnitur
Subjects: H Ilmu Sosial > HF Perdagangan > HF5410 Pemasaran, Distribusi produk
K Hukum > KBP Hukum Islam > KBP639 Muamalah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 30 Oct 2025 07:05
Last Modified: 30 Oct 2025 07:05
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/600

Actions (login required)

View Item View Item