Pengaruh Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII MTs TI Canduang Tahun Pelajaran 2018/2019

Eva Gustina, 2415081 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII MTs TI Canduang Tahun Pelajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover eva-gustina-2415.081-2015.pdf

Download (22kB)
[img] Text
abstrak eva-gustina-2415.081-2015.pdf

Download (391kB)
[img] Text
06a27-eva-gustina-2415.081-2015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan kognitif yang diharapkan dapat dimiliki oleh setiap siswa dalam pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataannya dari hasil belajar siswa terlihat bahwa pemahaman konsep matematika siswa di kelas VIII MTs TI Canduang masih rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut, peneliti mencoba menerapkan suatu model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) yang dapat memfasilitasi siswa dalam memahami materi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran CORE lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada kelas VIII MTs TI Canduang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah ekperimen, dengan rancangan penelitian The Static Grup Comparasion Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas VIII MTs TI Canduang tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Data kemampuan pemahaman konsep matematika diperoleh dari hasil tes akhir yang dilaksanakan di kelas sampel. Analisis tes akhir dihitung dengan menggunakan uji-t, dengan hasil =6,1 dan =1,67 karena berarti tolak dan terima . Pada taraf nyata , serta dengan menggunakan Minitab di peroleh , karena dengan , berarti tolak dan terima . Dapat disimpulkan bahwa “Pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran CORE lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VIII MTs TI Canduang tahun pelajaran 2018/2019”

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Sains > QA Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 30 Oct 2025 08:23
Last Modified: 30 Oct 2025 08:23
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item View Item