Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray (Ts-Ts) Di Kelas VIII SMP N 6 Lubuk Basung

Deli Suryani, 2414117 (2019) Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray (Ts-Ts) Di Kelas VIII SMP N 6 Lubuk Basung. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover deli-suryani-skripsi-.pdf

Download (41kB)
[img] Text
abstrak deli-suryani-skripsi-.pdf

Download (159kB)
[img] Text
12ad4-deli-suryani-skripsi-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnaya kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP N 6 Lubuk Basung. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika yang mengajar di kelas VIII SMP N 6 Lubuk Basung, diperoleh bahwa siswa kesulitan mengkomunikasikan ide matematisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori di SMP N 6 Lubuk Basung tahun pelajaran 2018/2019. Hipotesis dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori di SMP N 6 Lubuk Basung tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison: Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 6 Lubuk Basung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari tiga kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Data penelitian hasil kemampuan komunikasi matematis di peroleh dari tes akhir. Hasil dari penelitian ini diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 76,46 dan rata-rata kelas kontrol adalah 67,86. Data penelitian dianalisis menggunakan uji-t, dengan hasil dan Karena berarti ditolak dan diterima pada taraf nyata . Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori di SMP N 6 Lubuk Basung tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Sains > QA Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 30 Oct 2025 08:38
Last Modified: 30 Oct 2025 08:38
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/621

Actions (login required)

View Item View Item