Suci Rahma Yenti, 2412024 (2019) Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas VII MTs As Syarif Koto Laweh, Tilatang Kamang TP. 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover suci-rahma-yenti-2412.024.pdf Download (12kB) |
|
|
Text
abstrak suci-rahma-yenti-2412.024.pdf Download (15kB) |
|
|
Text
0b07c-suci-rahma-yenti-2412.024.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di kelas VII MTs As Syarif Koto Laweh dimana pembelajaran matematika kurang disukai oleh siswa, proses belajar mengajar masih terpusat pada guru, keaktifan siswa dalam pembelajaran masih kurang optimal, guru kurang mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari dan masih rendahnya hasil belajar siswa. Untuk itu diperlukan suatu pendekatan yang tepat agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu pendekatan yang diduga bisa mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pendekatan CTL lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan CTL lebih baik dari hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan CTL lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VII MTs As Syarif Koto Laweh Tahun Pelajaran 2018/2019”. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VII MTs As Syarif Koto Laweh. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu melakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian hasil belajar diperoleh dari tes akhir. Berdasarkan analisis data tes akhir hasil belajar matematika siswa dihitung dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 3,10 dan ttabel = 1,70. Karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak pada taraf nyata ? = 0,05, serta dengan menggunakan Minitab diperoleh Pvalue = 0,005 yang artinya Pvalue < ? dengan ? = 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tolak H0 dan terima H1.Sehingga disimpulkan hasil belajar matematika siswa dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dari hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VII MTs As Syarif Koto Laweh, Tilatang Kamang TP. 2018/2019
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Sains > QA Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 08:57 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 08:57 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/630 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

