Jual Beli Followers Sosial Media (Instagram) Menurut Fiqih Muamalah (Studi Kasus Mahasiswa UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)

Fayza Fadhilla Rahmi, 1220041 (2024) Jual Beli Followers Sosial Media (Instagram) Menurut Fiqih Muamalah (Studi Kasus Mahasiswa UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi). Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Fayza Fadhilla Rahmi 1220041 cover.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Fayza Fadhilla Rahmi 1220041 abstrak.pdf

Download (419kB)
[img] Text
Fayza Fadhilla Rahmi 1220041 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada zaman sekarang penggunaaan media sosial banyak digunakan untuk melakukan transaksi jual beli. Transaksi Jual beli merupakan kegiatan manusia yang terus mengalami perkembangan dari masa ke masa. Dalam perkembangannya jual beli mengalami perubahan yang sangat pesat dari masa ke masa, semakin berkembangnya zaman, jual beli online saat ini tidak hanya mencakup jual beli barang keperluan sehari-hari saja, tetapi ada pula transaksi yang menjual belikan berupa penambahan Followers di media sosial instagram, likes dan viewers untuk kepentingan bisnis. terutama bagi mereka yang mempunyai online shop, karena dengan semakin banyaknya followers, likes dan viewer maka otomatis akan semakin banyak pula orang yang mengenal online shop-nya tersebut, namun tidak sedikit followers atau pengikut diperjualbelikan dengan maksud yang tidak baik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Data-data yang dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan Mahasiswa UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi. Data yang terkumpul kemudian di dijabarkan guna memperoleh pemahaman mendalam tentang mekanisme jual beli followers (instagram) menurut fiqih muamalah. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, penulis menarik kesimpulan bahwa dalam praktik jual beli followers ini dilakukan seperti jual beli online. Dilihat dari syarat objek jual beli pada umumnya,terdapat ketidaksesuaian syariah, dalam jual beli followers sosial media instagram yang terjadi di kalangan mahasiswa UIN Bukittingi termasuk kedalam jual beli yang tidak sah karena tidak ada kejelasan dan keterbukaan dari penjual saat transaksi tentang syarat objek jual beli dari segi jumlah,sifat dari followers tersebut

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Jual Beli, Followers, Instagram, Fiqih Muamalah
Subjects: H Ilmu Sosial > HF Perdagangan > HF5001 Bisnis
K Hukum > KBP Hukum Islam > KBP639 Muamalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 05 Nov 2025 03:30
Last Modified: 05 Nov 2025 04:29
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/641

Actions (login required)

View Item View Item