Marvila Andani, 2415029 (2019) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover MARVILA ANDANI.pdf Download (50kB) |
|
|
Text
abstrak MARVILA ANDANI.pdf Download (237kB) |
|
|
Text
fulltext MARVILA ANDANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII di SMPN 2 Kecamatan Bukik Barisan Tahun Pelajaran 2019/2020, hal ini terlihat dari rata – rata nilai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada Tahun Pelajaran 2019/2020 yang masih rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mencoba melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Means Ends Analysis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menerima model pembelajaran Means Ends Analysis lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menerima pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Kecamatan Bukik Barisan Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menerima model pembelajaran Means Ends Analysis lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menerima pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Kecamatan Bukik Barisan Tahun Pelajaran 2019/2020. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menerima pembelajaran model pembelajaran Means Ends Analysis lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menerima pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Kecamatan Bukik Barisan Tahun Pelajaran 2019/2020”. Jenis penelitian ini adalah pra – eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The Static Group Randomized Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 2 Kecmatan Bukik Barisan Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 72 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak yang terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika berupa tes essay. Teknik analisis data kemampuan pemecahan matematika adalah dengan menggunakan Uji . Berdasarkan analisis hasil tes pemecahan masalah siswa yang dihitung menggunakan Uji– , diperoleh dan pada tabel distribusi adalah dimana . Jadi, dapat disimpulkan bahwa “kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menerima model pembelajaran Means Ends Analysis lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menerima pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Kecamatan Bukik Barisan Tahun Pelajaran 2019/2020
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Sains > QA Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 05:01 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 05:01 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/647 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

