Perancangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Multimedia Di MTs Swasta Terpadu Guguak Randah

Nikmatul Mardiyah, 2516069 (2020) Perancangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Multimedia Di MTs Swasta Terpadu Guguak Randah. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
NIKMATUL MARDIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena guru yang mengajar mata pelajaran IPA di kelas VII MTs Swasta Terpadu Guguak Randah dalam menyampaikan materi memahami perubahan iklim, lapisan bumi dan sistem tata surya media yang digunakan masih sederhana dan kurang menarik media pembelajaran dalam mengajarkan pelajaran IPA. Media yang digunakan masih berbasis dua dimensi seperti gambar, papan tulis, buku dan powerpoint. Sehingga dalam proses pembelajaran membuat siswa merasa bosan dengan penyampaian materi yang menggunakan media yang salah satunya buku cetak dan mereka juga merasa jenuh dan pasif serta mengurangi imajinasi mereka terhadap materi. Sedangkan sekolah telah menyediakan alat bantu berupa komputer dan proyektor untuk menunjang proses pembelajaran yang menarik. Namun guru belum mengoptimalkan alat bantu tersebut sebagai sarana belajar. Rumusan masalah dalam penelititan ini adalah “Bagaimana Merancang Media Pembelajaran IPA Menggunakan Multimedia di MTs Swasta Terpadu Guguak Randah?” Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Multimedia di MTs Swasta Terpadu Guguak Randah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) versi ADDIE yaitu Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate. Model pengembangan multimedia yang digunakan dalam penelititan ini yaitu model pengembangan multimedia versi Luther Sutopo yang terdiri dari enam tahap yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distribution. Pada penelitian ini penulis menggunakan tahapan penelitian yang mengkombinasikan antara ADDIE dan model pengembangan multimedia versi Luther Sutopo. Hasil uji produk diperoleh dari uji validitas, praktikalitas, dan efektifitas, yang mana pada uji validitas diisi oleh 2 Ahli Program, dan 1 Ahli Media diperoleh nilai rata- rata 0,87 yang dinyatakan Valid (berdasar perhitungan validitas dengan formula Aiken’s), sedangkan untuk uji praktikalitas yaitu ada 1 guru IPA, 1 guru Bahasa Indonesia, dan 1 guru TIK, yang dapat diperoleh nilai rata-rata 93 yang dinyatakan Sangat Praktis, dan untuk uji efektifitas dari kelima belas siswa kelas VII di MTs Swasta Terpadu Guguak Randah yang nilai rata-ratanya 0,83 yang dinyatakan Sangat Efektif. Hasil dari penelitian media pembelajaran IPA ini berupa media pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru dan siswa pada mata pelajaran IPA. Dalam bentuk Compact Disk (CD) yang dijalankan dengan sistem autorun yang dapat dieksekusi tanpa memerlukan sistem lain untuk menjalankannya.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Multimedia, Media Pembelajaran IPA, R&D.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 26 Jun 2025 08:39
Last Modified: 26 Jun 2025 08:39
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/65

Actions (login required)

View Item View Item