Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori Diiringi Pemberian Reward Pada Siswa Kelas VIII SMP N 4 Lareh Sago Halaban Tahun Pelajaran 2018/2019

Rivi Aprilia, 2414137 (2019) Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori Diiringi Pemberian Reward Pada Siswa Kelas VIII SMP N 4 Lareh Sago Halaban Tahun Pelajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover skripsi-rivi-aprilia-2414.137.pdf

Download (16kB)
[img] Text
abstrak skripsi-rivi-aprilia-2414.137.pdf

Download (479kB)
[img] Text
855ea-skripsi-rivi-aprilia-2414.137.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan disaat peneliti melakukan observasi di kelas VIII SMP N 4 Lareh Sago Halaban, bahwa suasana pembelajaran kurang memotivasi siswa untuk belajar matematika serta kurangnya penghargaan guru terhadap siswa mengakibatkan siswa tersebut menganggap tidak adanya kepedulian guru terhadap pendapat siswa. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa yang masih banyak di bawah KKM yaitu 72, seperti yang terlihat pada nilai ujian MID semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 di kelas VIII SMPN 4 Lareh Sago Halaban. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana motivasi belajar matematika dengan stategi pembelajaran ekspositori diiringi pemberian reward dan apakah hasil belajar matematika dengan strategi pembelajaran ekspositori diiringi pemberian reward lebih baik daripada dengan strategi pembelajaran ekspositori tanpa diiringi pemberian reward pada siswa kelas VIII SMP N 4 Lareh Sago Halaban tahun pelajaran 2018/2019?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 4 Lareh Sago Halaban dengan strategi pembelajaran ekspositori diiringi pemberian reward tahun pelajaran 2018/2019. Hipotesis dalam penelitian ini adalah:”Hasil belajar matematika siswa dengan strategi pembelajaran ekspositori diiringi pemberian reward lebih baik daripada tanpa diiringi pemberian reward di kelas VIII SMP N 4 Lareh Sago Halaban Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Randomized Control Grup Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 4 Lareh Sago Halaban tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu melakukan uji normalitas, uji homogenitas serta uji kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Data motivasi belajar matematika diperoleh dari angket dan hasil belajar diperoleh dari tes akhir. Berdasarkan analisis data angket motivasi belajar siswa dengan presentase 67,77% kategori kuat dan analisis data hasil belajar matematika siswa diperoleh dan karena maka ditolak dan terima Serta dan karena 0,006 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa “hasil belajar siswa yang mengikuti strategi pembelajaran ekspositori diiringi pemberian reward lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang mengikuti staregi pembelajaran ekspositori tanpa diiringi pemberian reward di kelas VIII SMP N 4 Lareh Sago Halaban Tahun Pelajaran 2018/2019”.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Sains > QA Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 05 Nov 2025 05:01
Last Modified: 05 Nov 2025 05:01
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/658

Actions (login required)

View Item View Item