Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPS MAN 1 Kota Bukittinggi Tahun Pelajaran 2019/2020

Latifa Indriani, 2415112 (2019) Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPS MAN 1 Kota Bukittinggi Tahun Pelajaran 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover skripsi-pdf-latifa-indriani.pdf

Download (153kB)
[img] Text
abstrak skripsi-pdf-latifa-indriani.pdf

Download (380kB)
[img] Text
ac4f5-skripsi-pdf-latifa-indriani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masalah gaya belajar siswa yang berbedabeda dan hasil belajar matematika yang rendah di MAN 1 Kota Bukittinggi, hal ini terlihat dari rata-rata nilai ulangan harian 1 matematika siswa dikelas XII IPS MAN 1 Kota Bukittinggi tahun pelajaran 2019/2020. Diantara faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika adalah gaya belajar siswa (visual, auditori dan kinestetik). Berdasarkan kondisi tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPS MAN 1 Kota Bukittinggi Tahun Pelajaran 2019/2020. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah pertama adakah terdapat pengaruh gaya belajar visual terhadap hasil belajar matematika, kedua adakah terdapat pengaruh gaya belajar auditori terhadap hasil belajar matematika, dan ketiga adakah terdapat pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian Expost Facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS MAN 1 Kota Bukittinggi yang berjumlah 101 orang siswa dan sampel penelitian diambil secara random sampling sebesar 25% dari populasi sehingga jumlah sampelnya adalah 25 orang siswa. Penelitian ini menggunakan uji T digunakan untuk mencari uji kebermaknaan regresi. Berdasarkan pengolahan data dapat dikemukakan bahwa pertama persamaan regresi sederhana untuk gaya belajar visual terhadap hasil belajar matematika adalah Y = 3,18+0,41X dengan korelasi 0,34421 dan KD sebesar 11,85%. Hasil pengujian hipotesis diperoleh yaitu . Dengan demikian terdapat pengaruh signifikan gaya belajar visual terhadap hasil belajar matematika. Kedua persamaan regresi sederhana untuk gaya belajar auditori terhadap hasil belajar matematika adalah Y = 16,12+0,48X dengan korelasi 0,40082 dan KD sebesar 16,07%. Hasil pengujian hipotesis diperoleh yaitu . Dengan demikian terdapat pengaruh signifikan gaya belajar auditori terhadap hasil belajar matematika. Ketiga persamaan regresi sederhana untuk gaya belajar kinestetik adalah Y = 18,21+0,38X dengan korelasi 0,3542 dan KD sebesar 12,55%. Hasil pengujian hipotesis diperoleh yaitu . Dengan demikian terdapat pengaruh signifikan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar matematika. Jadi, dapat disimpulkan bahwa gaya belajar (visual, auditori kinestetik) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Sains > QA Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 05 Nov 2025 07:25
Last Modified: 05 Nov 2025 07:25
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item View Item