Pengaruh Strategi Belajar Aktif Tipe Learning Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Pa SMP Nurul Ikhlas Padang Panjang Tahun Pelajaran 2019/2020

Lisa Deska Putri, 2415109 (2019) Pengaruh Strategi Belajar Aktif Tipe Learning Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Pa SMP Nurul Ikhlas Padang Panjang Tahun Pelajaran 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover LISA DESKA PUTRI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
abstrak LISA DESKA PUTRI.pdf

Download (411kB)
[img] Text
a2f31-gabungan-skripsi-copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII Pa SMP Nurul Ikhlas Padang Panjang Tahun Pelajaran 2019/2020. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh strategi belajar aktif tipe Learning Tournament terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII Pa SMP Nurul Ikhlas Padang Panjang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh strategi belajar aktif tipe Learning Tournament terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII Pa SMP Nurul Ikhlas Padang Panjang Tahun Pelajaran 2019/2020. Hipotesis dari penelitian ini adalah “Strategi belajar aktif tipe Learning Tournament berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII Pa SMP Nurul Ikhlas Padang Panjang Tahun Pelajaran 2019/2020”. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII Pa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Pa 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII Pa 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 2,75 dan ttabel = 1,68. Karena thitung ttabel maka H0 ditolak dan terima H1. Sedangkan Pvalue = 0,009 dan = 0,05, karena P value 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa “Hasil belajar matematika siswa melalui penerapan strategi belajar aktif tipe Learning Tournament lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VIII Pa SMP Nurul Ikhlas Padang Panjang Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Sains > QA Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 05 Nov 2025 07:25
Last Modified: 05 Nov 2025 07:25
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/665

Actions (login required)

View Item View Item